Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sosok Minerva Setelah Poligami

Kompas.com - 30/08/2012, 16:55 WIB

Jakarta, KompasOtomotif – Meski jarang mengendarai sepeda motor, Heriyanto Pakpahan tetap ingin membuat Minerva VX 150 miliknya tampil menawan. Ia pun mencari referensi untuk modifikasi pilihannya. Akhirnya, Heriyanto terpikat pada empat sosok moge sekaligus, yaitu Kawasaki ZX-6R, Suzuki GSX600, Honda CBR 600 serta Ducati 1198S. Wow, mimpi yang sangat tinggi!

Salah satu jalan untuk mewujudkannya adalah merombak hampir seluruh bodi. Pengusaha transportasi itu berkonsultasi dengan DJ Custom yang beroperasi di Jalan Raya Jati Kramat 88, Bekasi. Langkah pertama, merombak bodi belakang. Khusus untuk bagian ini, Heri mencomot model Ducati 1198S yang seksi.

Pengerjaan berlanjut ke depan dengan mengganti fairing custom yang dijiplak dari Suzuki GSX600. Bagian samping itu langsung dikombinasikan dengan kondom tangki bentukannya yang dicontek dari Ducati 1198S. Sementara spakbor depan meniru gaya Kawasaki ZX-6R. Proses krusial berikutnya adalah mengganti batok depan. Akhirnya dipilih duplikat Honda CBR 600.

“Bagian depan identik dengan wajah utamanya. Kalau depannya nggak bagus, ke belakang orang tidak ingin melihat lagi. Ternyata model CBR 600 bisa serasi jika dipasangkan dengan fairing GSX. Saya anggap masalah selesai, pasangannya ketemu,” terang Heri.

Bodi
Bodi yang sudah terkonsep tinggal diwarnai. Tak mau repot, Heri tetap menonjolkan warna dasar kuning agar tak mengubah STNK. Kombinasi grafis silver dan biru digunakan sebagai penyeimbang pandangan mata. “Kalau kuning semua, silau! Dikasih variasi sedikit,” guraunya.

Selebihnya, aksesoris berbicara. Untuk membuat seperti moge beneran, ban diperbesar dengan pelek lebih lebar. Lengan ayunnya masih bawaan Minerva, namun ditutup dengan kondom untuk tampilan lebih gambot dan sepadan. Sementara setang sudah diganti model jepit dan pijakan kaki   underbone.

Not bad! Nggak usah terlalu ekstrem untuk mendapatkan sekadar penampilan modifikasi. Sepeda motor blasteran Indonesia-Jerman itu pun kini berubah status menjadi sepeda motor multi-RAS. Maklum, telah melakukan poligami!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com