Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

VW Batalkan Beli Saham Proton

Kompas.com - 30/08/2012, 10:37 WIB

Frankfurt, KompasOtomotif – Target  Volkswagen (VW)  untuk menjadi produsen mobil #1 di dunia dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya membeli perusahaan mobil lain. Alhasil, kini, ada 12 merek yang bernaung di bawah produsen terbesar Jerman tersebut! VW ingin menambah lagi! Sempat diisukan, VW inginmembeli saham minoritas Proton, Malaysia, Namunserikat pekerja VW, Bernd Osterloh menolak dengan tegas! “Sudah sangat banyak merek bernaung di bawah bendera perusahaan. Kini, sudah saatnya VW memikirkan stabilitas,” ujarnya kepada koran Jerman, Handelsbatt.

Beberapa waktu lalu, banyak media memberitakan, VW berniat mencicipi saham Proton, bahkan sudah padatahap "menawar". Alasannya, Proton  - pemilik Lotus - gencar berpromosi untuk menjadi mobil dari Asia Tenggara yang mendunia.

“Meskipun pasar Asia Tenggara sangat penting, dan berpotensi sangat besar untuk berkembang, rencana VW untuk membeli Proton tidak mendapat dukungan dari pekerja,” lanjut Osterloh.

Suara yang didengungkan pekerja yang diwakili Osterloh sangat berpengaruh. Pasalnya, ia adalah anggota dari 20 orang  dalam jajaran yang mengawas manajemen VW.  Separoh dari anggota jajaran itu adalah pekerja, dan sisanya perwakilan pemegang saham.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com