Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepeda Motor Ural Buatan Rusia Dijual di Indonesia!

Kompas.com - 29/08/2012, 14:58 WIB

Jakarta, KompasOtomotif — Penggemar motor gede atau moge kini punya pilihan lain. Sepeda motor asal Rusia, Ural, dijual resmi di Indonesia melalui gerai Istana Sepeda (IS). Ada dua tipe yang bisa diboyong, Ural Gear Up dan Ural Retro. Keduanya dilego satu set dengan sidecar (sespan) yang merupakan ciri khas sepeda motor andalan Rusia untuk Perang Dunia II itu.

Menurut Ferdy Suharjo, Marketing Staff IS, sepeda motor ini sebenarnya sudah beredar di Bandung dan Yogyakarta. Namun, banyak yang belum dilengkapi dengan surat kendaraan. "Dengan diboyongnya Ural secara resmi, kini penggemar moge sudah bisa memilikinya lengkap dengan surat resmi," ujarnya kepada KompasOtomotif, hari ini (29/8).

Ferdy menambahkan bahwa ketertarikan pihaknya memasukkan Ural didasari oleh keunikannya, antara lain berkapasitas mesin 749 cc. Selain sudah lengkap dengan sidecar, Ural dikerjakan secara handmade.

Ural Gear Up memiliki tampang seperti kendaraan perang. Warna dasarnya hijau army, dengan aksen loreng khas tentara angkatan darat. Kesan kuno dan kendaraan perangnya tampak pada ban cadangan di atas sidecar dan tangki cadangan bahan bakar di samping sepeda motor. Adapun Ural Retro lebih bergaya klasik dengan warna hitam diberi garis putih di sekitar bodi. Penampilannya bersih dan elegan, tidak seperti Gear Up yang lebih garang.

Soal spesifikasi, bisa dikatakan keduanya mengadopsi teknologi masa kini. Mesinnya dua silinder segaris berlawanan, dengan total kapasitas 749 cc yang dipadu transmisi empat percepatan dan mempunyai tenaga maksimum 40 PS pada 5.600 rpm.

Menurut Ferdy, sepeda motor ini tidak dibuat untuk kebut-kebutan. Karakternya adalah kendaraan untuk bersantai dan menikmati perjalanan touring. Kecepatan maksimumnya saja hanya 100 km per jam. “Mungkin itu untuk alasan keamanan karena bobotnya sudah berat dengan sidecar. Kalau terlalu kencang dikhawatirkan berbahaya untuk melibas tikungan," paparnya.

IS memasarkan dua sepeda motor ini dengan harga Rp 350 juta untuk tipe Retro, dan Rp 340 juta untuk tipe Gear Up on-the road Jakarta. Ketersediaan suku cadang pun dijamin meski harus inden terlebih dahulu. Mekanik pun siap dihubungi untuk perbaikan di rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com