Senin, 22 Desember 2014

Otomotif


Modifikasi Ninja 250 Injeksi Nggak Harus Ribet!

Penulis: Donny Apriliananda | Senin, 27 Agustus 2012 | 15:22 WIB
|
Share:
  • Sumber : - | Author : donny apriliananda

    Tampang aslinya sudah modern dan garang. Tak perlu modifikasi ekstrem untuk membuatnya lebih elegan.

  • Sumber : - | Author : donny apriliananda

    Komponen-komponen yang disarankan untuk memodifikasi minor Kawasaki Ninja 250 injeksi.

Jakarta, KompasOtomotif – Kendati belum sebulan diluncurkan, sudah banyak para modifikator yang gatal tangan untuk segera merombak penampilan Kawasaki Ninja 250 injeksi sesuai dengan selera mereka. Sementara itu, produsen aksesori masih meraba, bagian mana yang cocok untuk dibuat dan ditawarkan kepada pemakai Ninja ini nantinya. 

Ternyata, sudah ada yang mencoba dan punya bayangan untuk membuat penampilan Ninja ini semakin menggoda hanya denganperubahan kecil (minor change). Salah satunya adalah Joddy Ario, pemilik bengkel modifikasi JDM Project di kawasan Jatiwaringin, Jakarta Timur. Jadi beralasan," Desain sepeda motor ini sudah up to date. “Sediakan saja dana Rp 10 juta untuk mengubah penampilan menjadi lebih fresh.” j 

Berikut tips dari Joddy! 
1. Percantik tampilan dengan aksesoris. Cukup dengan menambahkan ornamen karbon kevlar di beberapa bagian bodi, mengganti kaca spion, lampu sein LED, tutup minyak rem, dudukan plat nomor, pengecatan dan penambahan cutting stiker. Bisa juga menambah atau mengganti bagian lain tanpa harus mengubah bodi.
2. Tak perlu menambahkan kondom pada tangki karena akan membuat tampilan lebih gambot danjadi kurang pantas. Intinya, penggantian bodi Ninja 250 injeksi hanya akan merepotkan pemilik. Pasalnya, struktur bodi dan dudukan baut sangat detil. 
3. Jangan pernah mengganti speedometer dengan merek aftermarket  karena sebagian besar indikator ECU berada di bagian ini. 
4. Jangan khawatir mengganti knalpot. Pasalnya, kontrol sistem injeksi bahan bakar pada mesin Ninja 250 baru ini menggunakan open loop system. Artinya, masih bisa diubah dibandingkan dengan closed loop system. Karena belum ada produk aftermarket, cukup ganti leher knalpot dengan milik Kawasaki ER-6n dan header-nya dengan produk yang sesuai.
5. Lebar pelek Ninja 250 baru ini 4 inci di belakang dan 2,85 di depan. Untuk membuatnya lebih kekar, ganti bandengan lebih lebar, misalnya depan 120/60 belakang 150/60, atau depan 120/60 belakang 160/60. Kalau masih punya duit cadangan, bisa mengganti pelek dengan merek VRossi dengan lebar, depan 4,5 inci dan belakang 3 inci. Selanjutnya, ambil cakram rem Ninja lama. Pasalnya, cakram Ninja baru tidak punya lubang baut sesuai dengan ukuran pelek.
6. Dihalalkan menggunakan komponen Ninja 250 lama, antara lain setang jepit, foot step underbone, shockabsorber, dan tuas rem.
7. Untuk mendongkrak tenaga, ECU bisa diganti dengan merek Power Commander.
 


Editor : Zulkifli BJ