Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nih, Toyota Etios untuk Indonesia

Kompas.com - 16/08/2012, 17:08 WIB

Sorocaba, KompasOtomotif - Toyota Motor Corporation baru saja mengumumkan peresmian pabrik Sorocaba di Brasil yang dipersiapkan untuk memproduksi Etios guna menuai sukses di Negeri Samba dan kabarnya juga Indonesia.

Mesinnya punya beberapa perbedaan dengan yang dipasarkan di India. Pilihannya, ada 1.3 liter dan 1.5 liter bensin untuk kedua varian sedan dan hatchback. Mesin ini lebih besar kapasitasnya ketimbang India yang dibekali 1.2 liter bensin.

Dari segi desain, tampilan Etios Brasil dan India pada dasarnya sama. Hanya, ada detail perbedaan seperti bentuk lampu belakang yang kini lebih besar dengan komposisi baru. Adanya garnis krom pada bagian atas plat nomor juga menambah kesan mewah Etios.

Interiornya juga terlihat lebih mewah dengan kombinasi satu warna hitam dan speedometer putih pada konsol tengah (seperti Vios). Tapi, ornamen saluran pendingin ruangan masih sama seperti model di India, bedanya di Brasil sudah dilengkapi sistem audio 2-DIN. Trus, sudah dilengkapi dual SRS-Airbag.

Indonesia

Kabar keinginan Toyota mau memasarkan Etios ke Indonesia sudah berhembus sejak tahun lalu. Bahkan, foto uji coba Liva-model hatchback dari Etios sudah pernah diabadikan salah satu blogger, Maret 2011.

"Untuk Indonesia nanti berbeda dengan India, tapi kita akan mengikuti Brasil," ujar sumber Toyota yang tak mau disebutkan namanya.

Nah, peluncuran Etios di Brasil menjadi salah satu indikasi kuat seperti apa Etios bakal diluncurkan ke Indonesia. Melihat jenis mesin yang dibekalinya, masuk akal kalau Toyota mau menjegal Honda Brio yang mengisi segmen city car dengan mesin 1.3 liter. Apalagi, di Jepang Yaris juga ada yang dibekali mesin 1.3 liter.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com