Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Indonesia Siapkan Beberapa Model Baru

Kompas.com - 15/08/2012, 16:11 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - Setelah Honda dan Yamaha mengumumkan penurunan target penjualannya tahun ini, giliran PT Suzuki Indomobil Sales - 2 wheel (sepeda motor) melakukan hal yang sama. Merek yang menduduki diperingkat ketiga penjualan sepeda motor nasional ini merevisi target penjualannya dari 700.000 unit menjadi hanya 500.000 unit.

Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales, Kazumasa Watanabe mengatakan, kondisi pasar Indonesia berubah drastis menyusul pemberlakuan uang pangkal (DP) 25 persen untuk pembelian sepeda motor secara kredit mulai Juni 2012. "Kami belum memutuskan angka pasti (revisi). Kalau 500.000 unit saja tahun ini masih bisa," komentar Watanabe yang menjabat posisi tertinggi Suzuki Indonesia sejak awal Agustus lalu. 

Berdasarkan data dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), sepanjang Januari-Juli 2012, Suzuki telah menjual 288.369 unit atau hanya memperoleh 6,6 persen dari total pasar nasional 4,32 juta unit. Di bawah komando Watanabe, Suzuki Indonesia berharap bisa meningkatkan penjualan. 

"Target awal, kami ingin memperoleh 10 persen pangsa pasar. Dalam lima tahun ke depan, mudah-mudahan bisa menguasai 20 persen pangsa pasar," tegas pria yang cukup fasih berbahasa Indonesia. Sebelum memimpin Suzuki Indonesia - khusus sepeda motor - Watanabe adalah Presiden Direktur Suzuki Malaysia.

Suzuki berencana meluncurkan beberapa model baru untuk mendongkrak penjujualannya di Indonesia tahun ini. "Setiap tahun, minimal kami akan meluncurkan satu model baru," tegas Watanabe.

Direksi
Pada kesempatan yang sama, Suzuki Indonesia juga mengumumkan perubahan susunan direksinya di Indonesia di bawah kepemimpinan Watanabe. Pria yang sempat bertugas di Indonesia periode 2000-2005 ini mengaku mau mengembalikan kejayaan Suzuki di era 1990-an.

Dalam beberapa tahun ke depan, Suzuki mengaku sudah menyiapkan model-model baru di segmen skutik, bebek dan sport. "Saat ini kami lagi mengembangkan mesin baru yang bertitik berat pada irit bensin dan bertenaga," beber Watanabe. Sayang dia masih belum mau menjelaskan lebih lanjut jenis mesin yang dimaksud.

"Untuk kapasitasnya masih dirumuskan, kami bakal siapkan di semua model," beber Watanabe.

Berikut Direksi Baru Suzuki Indomobil Sales 2-Wheel
Managing Director            : Kazumasa Watanabe
Dept Head Marketing 2W  : Yohan Yahya
Product Planing Matik       : Audi dan Indra Lesmana
Product non-matik             : Bira dan Dipa Sadharma
Brand skuter                     : Harviawan
Brand underbone              : Widjang Djendrawan
Brand sport                       : Fanny Vanda
Socmedia & PR                 : Ratu Triana Novianti
Promotion Material            : Lia Nurbaiti
Racing                              : Yudi Febriyanto
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com