Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepeda Motor Balap Klasik Yamaha Mejeng di Inggris

Kompas.com - 13/08/2012, 17:08 WIB

Leicester, KompasOtomotif – Momentum 50 tahun partisipasi Yamaha di ajang balap dunia ditujukkan dengan mengadakan festival umum di kompleks sirkuit Donington Park, Inggris. Festival tersebut digelari  Donington Classic Festival-Celebrating Yamaha, berlangsung dua hari, Sabtu-Minggu (11-12/8) lalu.

Event spesial tersebut diselenggarakan oleh Classic Racing Motorcycle Club (CRMC), Donington Park, Yamaha Motor UK dan Yamaha Classic Racing Team (YCRT). Keduanya punya  semangat yang sama untuk membangkitkan gairah balap dan menceritakan perjalanan sukses Yamaha hingga saat ini.

Selain diramaikan oleh pebalap “jadul”, acara lain adalah parade sepeda motor balap klasik Yamaha. Untuk ini, 30 sepeda motor dijajar, mulai dari  TZ 2-langkah1970-an, FZ, FZRs, OW-01s, Haga Rz, dan model terbaru tunggangan Jorge Lorenzo dan Ben Spies, YZR-M1.

Momen yang bikin pengunjung terharu adalah saat mengenang Jarno Saarinen, pebalap Yamaha itu tewas di atas TZ 2-langkah ketika bertarung di Grand Prix  Monza Italia pada 1973. Pada kesempatan itu, replika sepeda motor Saarinen dipajang dan diarak keliling sirkuit sebagai tanda penghormatan.

Menikmati sepeda motor balap tak cukup hanya dengan meilihat-lihat. Untuk itu, pengunjung harus membayar 25 poundsterling (Rp 370 ribu) dengan suguhan beberapa sepeda motor balap klasik turun sirkuit  yang ditunggangi Phil Read, legenda Yamaha yang pernah memenangi tiga kali juara dunia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com