Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Johnny Darmawan: Penjualan Mobil 2012 Bisa Satu Juta Unit

Kompas.com - 09/08/2012, 08:38 WIB

Jakarta, KompasOtomotif — Penjualan mobil nasional dua bulan terakhir bisa menjadi indikasi bakal mampu hingga satu juta unit atau Indonesia akan menjadi "1 million club". Keyakinan itu disampaikan Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) Johnny Darmawan kepada wartawan di Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (8/8/2012). 

"Melihat penjualan sampai Juli sudah menembus 632.000 unit, sangat terbuka kita tembus satu juta unit tahun ini. Mudah-mudahan bisa," komentar Johnny.

Ditambahkan, dengan penjualan satu juta unit, bukan hanya mencerminkan pertumbuhan perkonomian nasional, melainkan juga memperkuat alasan ATPM untuk meyakinkan prinsipalnya menanamkan investasi di Indonesia.

Kendati demikian, Johnny tetap mewaspadai dampak kenaikan uang pangkal (DP) minimal kredit pembelian kendaraan bermotor yang akan dirasakan pada Oktober 2012. Pada setiap bulan pengujung tahun, tren penjualan juga turun. 

Penurunan penjualan diperkirakan terjadi pada Agustus. Pasalnya, jumlah hari kerja yang cuma dua pekan (dua pekan lainnya libur) dipastikan mengurangi efektivitas jual-beli dengan konsumen.

"Biasanya sehabis Lebaran, penjualan turun sampai setengah. Kalau rata-rata sekarang sudah 100.000 unit, kemungkinan nantinya berkisar 50.000-60.000 unit," tutup Johnny.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com