Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mazda Biante untuk Menyaingi Nissan Serena

Kompas.com - 08/08/2012, 08:15 WIB

Jakarta, KompasOtomotif — Mazda Motor Indonesia memastikan masuknya Biante ke Indonesia pada ajang IIMS 2012 pada September mendatang. Model MPV yang diklaim mampu menampung 8 penumpang ini berada di bawah segmen Mazda8.

"Biante nanti akan bertemu dengan Nissan Serena di pasar MPV. Harga belum bisa kami sampaikan karena saat ini nilai tukar yen terhadap dollar masih belum stabil. Hal tersebut sangat berpengaruh karena kami mengimpor langsung dari Jepang," jelas Keizo Okue, Presiden Direktur MMI, seusai acara gathering di Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (7/8/2012) malam.

Kabar kemunculan Serena baru ternyata memengaruhi pertimbangan harga jual Biante. Pasalnya, secara tidak langsung Okue selalu menghubungkan produknya dengan Serena yang dianggap sebagai saingan terdekat.

Harga Biante diperkirakan tidak berbeda dengan Serena. Di Jepang, dijual mulai dari 2,49 juta yen hingga 2,57 juta yen (Rp 298,8-Rp 308,4 juta). Sementara Serena baru yang akan meluncur harganya di bawah Rp 400 juta.

MMI menampik kabar jika kehadiran Biante merupakan pengganti Mazda5 yang sudah tidak dijual sejak 3 tahun lalu. "Proyek Mazda5 masih tetap berjalan dan Biante bukan model pengganti. Segmennya berada antara Mazda5 dan Mazda8," papar Okue.

Kedua  
Indonesia merupakan pasar kedua setelah Jepang yang menjual Biante. Semula Mazda tidak ingin menjual Biante di luar Jepang.

"Pertimbangan yang kami sampaikan ke prinsipal, pertumbuhan MPV sangat baik di Indonesia. Faktor inilah yang menyebabkan kami mempertimbangkan mendatangkan sebagai alternatif menarik," ungkap Okue. Target penjualannya, Okue tidak mau membicarakannya. 

Biante yang dijual di Indonesia sama dengan yang di Jepang. Hanya ada penyesuaian sedikit fitur. Nantinya Biante dijual satu varian saja, bermesin 2,0 liter, DOHC, dan transmisi 5-percepatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com