Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Takahiro Higuchi: Brio Direkayasa Khusus Untuk Asia

Kompas.com - 03/08/2012, 07:12 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - Ketika meluncurkan Brio kemarin sore, Honda Prospect Motor (HMP) juga menghadirkan Takahiro Higuchi, Kepala Proyek Honda R&D Co. Ltd., Automobile R&D Center, Jepang. Tujuanya, untuk menjelaskan konsep Brio yang direkayasa khusus untuk konsumen di Asia.

"Kami merancang Brio berdasarkan hasil survei menyangkut budaya, kondisi  jalan dan lalu lintas. Tak kalah penting adalah selera konsumen mobil di Asia," jelas  Higuchi. 

Micro Metropolitan Jet
Dijelaskan, bagian tersulit saat merancang Brio adalah untuk keinginan konsumen yang beragam. Akhirnya disimpulkan, konsep desain terdiri dari  3 elemen, yaitu daya tahan, kualitas dan kehandalan. 

Pertama, advanced design, penampilan yang bisa membuat pemiliknya mengekspresikan diri dengan penuh gaya. Kedua, efficient packaging, gabungan kabin lapang dengan kelincahan berkendara di kota. Terakhir, intelligent performance, mesin bertenaga namun irit. Semua elemen tersebut menyatu dan disebut konsep Micro Metropolitan Jet.

Higuchi juga menjelaskan pertimbangan Honda menggunakan mesin Brio 1.3 liter. "Target di di Indonesia adalah anak muda yang dinamis dan suka mesin yang bertenaga namun efisien. Jalan di sini banyak tanjakan dan turunan yang membutuhkan tenaga. Faktor itulah yang meyakin kami memilih mesin 1,3 liter," papar Higuchi.

Bukan hanya Indonesia, di India, Brio juga punya spesifikasi khusus. Jarak bodi paling bawah dengan tanah (ground clearence) lebih tinggi 15 mm. Pertimbangannya, banyak jalan rusak.

Mengenai desain pintu belakang yang didominasi kaca, Higuchi tidak khawatir dengan keselamatan. "Kami sudah melakukan tes tabrak belakang pada kecepatan 50 kpj, Ternyata lolos," ungkapnya.

Untuk lalu lintas perkotaan yang macet dan kemungkinan terjadinya tabrakan beruntun, Higuchi menilai pemakai Brio tidak perlu khawatir. Pasalnya, dengan menggnakan kaca laminas, bila pecah tidak akan berantakan. Juga dijelaskan, Honda bisa saja membuat mobil murah kalau peraturannya jelas dan konsumen memang membutuhkan.

Ketika diminta komentar tentang proyek Brio MPV, Higuchi tidak mau berkomentar lanjut. "Saya hanya konsentrasi pada city car ini saja," tutupnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com