Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Mudik, Tarif Sewa Mobil Naik

Kompas.com - 02/08/2012, 07:00 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - Buat Anda yang mau pulang kampung menggunakan mobil rental, siap-siap mengeluarkan uang ekstra! Pasalnya, memasuki musim mudik Lebaran, sewa mobil naik sampai 50 persen dari harga normal.

Pongki Pamungkas, Ketua Asosiasi Perusahaan Rental Kendaraan Indonesia (Asperkindo) mengatakan ada dua kategori pengusaha rental dilihat dari perilakunya menjelang musim mudik Lebaran. Pertama, perusahaan rental skala nasional, cenderung tidak menaikkan harga alias tetap.

"Bagi perusahaan rental besar, musim mudik hanya bonus, bukan bisnis utama. Karena itu tarif tidak dinaikkan. Namun, untuk rental perorangan, mreka pasti menaikkan harga cukup tinggi," beber Pongki kepada KompasOtomotif kemarin

Waji misalnya, pemilik rental mobil perorangan di kawasan Limo, Cinere, Depok mengaku menyiapkan harga khusus setiap menjelang mudik lebaran setiap tahunnya. Pengusaha ini mengaku hanya fokus menyiapkan mobil rental paling  favorit yaitu MPV 7-penumpang seperti Avanza, Xenia atau APV. "Tarif normal satu hari Rp 300.000-Rp 350.000. Menjelang lebaran menjadi Rp 500.000 per hari," jelas  Waji.

Permintaan rental tahun ini, khususnya untuk mudik lebaran menurut Pongki naik sampai 30 persen di bandingkan tahun lalu. Pongki tidak bisa menyebutkan jumlah penyewaan mobil setiap tahun. 

"Permintaan terbesar berasal dari konsumen di pulau Jawa dan Sumatera," beber Pongki, yang juga menjabat Presiden Direktur PT Seraya Autoraya (TRAC-Astra Rent a Car). Khusus untuk mudik tahun ini, TRAC menyiapkan armada sekitar 1.000-1.500 unit. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com