Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Mudik Gratis Jalur Laut? Inilah Caranya

Kompas.com - 01/08/2012, 13:18 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com -- Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan (Dishub dan LLAJ) Provinsi Jawa Timur sejak hari ini membuka pendaftaran mudik Lebaran gratis angkutan laut ke sejumlah pulau terpencil di Jatim. Pendaftaran akan dibuka dua pekan ke depan hingga 14 Agustus 2012.

Dalam mudik gratis tersebut, tiga armada kapal berkapasitas masing-masing 150 penumpang disediakan untuk tiga rute Surabaya - Masalembo, Kalianget- Kangean, dan Banyuwangi- Sapekan.

''Ketiga kapal tersebut akan beroperasi lima hingga enam kali trip, dan hanya libur saat hari H Lebaran,'' kata Kepala Bidang Angkutan Laut, Dishub dan LLAJ Jatim, Bambang Sujatmiko, Rabu (1/8/2012).

Dipilihnya tiga jalur mudik laut itu karena berdasarkan survei, aktivitas transportasi di jalur ketiganya cukup padat, sementara infrastruktur kapal yang tersedia sangat terbatas. Bahkan rata-rata dalam seminggu, hanya sekali kapal yang beroperasi mengangkut penumpang.

Mudik jalur laut itu, kata Bambang, akan diberangkatkan pada 15 Agustus mendatang untuk jalur Surabaya - Masalembo, dua jalur sisanya akan diberangkatkan pada 16 Agustus.

''Tidak hanya saat mudik, saat balik kami juga menyediakan angkutan gratis. Masyarakat bisa mendaftar di masing-masing pelabuhan pada H+7 Lebaran,'' terangnya.

Syarat pendaftarannya tidak terlalu rumit, cukup menyerahkan foto kopi identitas seperti KTP atau kartu keluarga. ''Yang tidak sempat datang ke kantor Dishub dan LLAJ Jatim juga bisa dititipkan kerabat atau tetangganya,'' tambah Bambang.

Selain mudik jalur laut, Pemprov Jatim pada angkutan Lebaran tahun ini juga membuka mudik gratis untuk angkutan darat ke semua kabupaten/kota, serta untuk jalur kereta api jurusan Surabaya- Kertosono-Madiun, dan jalur Surabaya-Kertosono-Kediri-Blitar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com