Jumat, 22 Agustus 2014

Otomotif


Ini Dia Bocoran Konsep Mobil Viar

Penulis: Donny Apriliananda | Minggu, 29 Juli 2012 | 08:41 WIB
Dibaca:   Komentar:
|
Share:
Sumber : - | Author : -

Tampilan hampir mirip tawon

Jakarta, KompasOtomotif – Rencana PT Triangle Motorindo Industry (TMI) menelurkan micro car untuk masyarakat menengah ke bawah sudah dalam tahap final. KompasOtomotif dapat bocoran tentang model dan spesifikasi mobil kecil yang akan berkapasitas 300 cc dan 500 cc itu. Belum ada namanya, tapi yang jelas micro car mobil asal Semarang tersebut akan launching September.

Dari gambar, tampak konsep mobil Viar tak begitu besar dengan spesifikasi, panjangnya hanya 2,7 meter, lebar 1,2 meter, dan tinggi 1,6 meter.Mesinnya diambil dari mesin motor niaga Viar, 300 cc, empat langkah dengan transmisi manual lima percepatan. Akan ada penambahan varian yang menggunakan mesin 500 cc. Semua jantung pacu buatan pabrik Viar di Semarang.

Menurut AZ Dalie, Sales & Marketing Division Head TMI, kendaraan ini tidak akan seperti mobil-mobil nasional yang sudah muncul seperti ESEMKA, Tawon, atau mobil listrik yang dipakai Dahlan Iskan. Micro car Viar ini bisa dibilang sebagai transformasi dari motor ke mobil dengan sasis yang lebih kecil dan performa yang tak sehebat mobil nasional lain.

”Kapasitas mesinnya kecil, karena kami ingin memfasilitasi orang-orang yang ingin punya mobil, tapi nggak punya Rp 100 juta untuk beli mobil baru. Arahnya lebih ke city car sebenarnya, dan hanya dengan Rp 30 jutaan, keinginan mereka terpenuhi. Segmennya akan jelas,” jelas Dalie.

Micro car Viar ini meggandeng Kementrian Perindustrian sebagai penentu regulasi. Nantinya akan disiapkan regulasi yang jelas tentang kemunculan micro car anak bangsa ini.

Belum ada informasi tambahan mengenai micro car ini. Tapi yang jelas TMI sudah mulai memroduksi, dan wujud nyatanya ada. ”Masih konfidensial lah ya. Nanti pada saatnya kita umumkan melalui media,” kata Dalie.

 


Editor : Bastian