Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skuter Listrik BMW Berkeliaran di Arena Olimpiade

Kompas.com - 28/07/2012, 10:37 WIB

London, KompasOtomotif — BMW Motorrad dengan bangga menghadirkan skuter listrik C Evolution guna menyukseskan penyelenggaraan Olimpiade London, 27 Juli-12 Agustus. Langkah ini merupakan bentuk realisasi kepedulian BMW terhadap lingkungan yang bebas dari polusi dan juga kendaraan listrik dengan proyek mobil "i" yang tengah dikembangkan saat ini.

Penonton pesta pekan olahraga amatir antarbangsa tersebut bisa mencoba prototipe skuter ini selama penyelenggaraan. Sebelumnya, model ini sempat muncul kali pertama pada BMW Motorrad Innovation Day 2011 sebagai konsep E-Scooter dan berlanjut pada Frankfurt Motor Show di tahun yang sama.

Mereka menggunakan struktur komposit hibrida menggerakkan motor listrik yang mempunyai tenaga berkesinambungan mulai dari 11 PS hingga 45 PS. Daya tersebut bisa melesatkan skuter hingga 120 kpj. Sama dengan skuter lainnya, mesin penggerak berada di lengan ayun, sementara posisi alternator ada di balik lokasi baterai. Untuk mencapai 60 kpj dari posisi diam, C Evolution diklaim memiliki kemampuan tak kalah dengan skuter saat ini yang memiliki kapasitas mesin 600 cc atau lebih.

Baterai yang dipakai mampu membuatnya menempuh jarak hingga 100 km. Proses pengisian ulang bisa dari soket biasa atau lewat stasiun pengisian ulang. Proses isi ulang memakan waktu kurang dari 3 jam. Sama dengan teknologi pada mobil, skuter ini juga mengadopsi teknologi yang memanfaatkan energi panas saat pengereman dan dapat membantu proses pengisian ulang. Regenerasi tersebut mampu memperpanjang usia jarak tempuh 10 hingga 20 persen, tergantung pada gaya berkendara.

Mereka yakin, prototipe ini akan segera masuk tahap produksi dan siap dipasarkan pada 2014.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com