Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Datsun Siap Gelontor Mobil Murah dan Praktis di Indonesia?

Kompas.com - 17/07/2012, 13:38 WIB

Mumbai, KompasOtomotif – Sebuah laporan dari Financial Chronicle—salah satu media online di India—menyebutkan bahwa Nissan dengan low cost brand-nya Datsun, siap menggelontor mobil murah dan praktis ke negara-negara potensial seperti India, Indonesia, dan Rusia  pada 2015.

Ketika Datsun mengenalkan brand-nya di Mumbai, para eksekutif mengisyaratkan akan ada dua mobil yang akan segera dikenalkan. Keduanya menyasar ke segmen city car dan resmi tampil di Delhi Auto Show 2014. Setelah dua mobil tersebut, menyusul tiga mobil lain meluncur. Mereka adalah MPV kompak, SUV kompak, dan yang terakhir sedan kompak.  Kelima mobil itu punya visi sama: murah, irit, dan juga praktis.

Mobil-mobil yang akan dikenalkan itu kemungkinan besar dibangun di atas V-Platform yang sudah dipakai Micra dan Sunny. Untuk model MPV, kemungkinan Datsun mengikuti Nissan Livina. Dengan platform yang sama, Renault juga sudah melahirkan Pulse dan Scela yang akan muncul di India akhir tahun ini.

Nantinya, kelima mobil murah dan praktis Datsun itu akan bersaing dengan beberapa model yang sudah dikembangkan. Untuk dua mobil pertama, kemungkinan bakal bersaing dengan Suzuki Alto dan Chevrolet Spark untuk kelas city car medium, dan bersaing bersama Hyundai i10 serta Suzuki Karimun di kelas low city car.

Di beberapa negara, mobil-mobil kompak dan murah sudah banyak muncul. Seperti di Malaysia dengan Perodua Alza yang bisa dikredit hingga sembilan tahun. Di Indonesia, mobil murah sendiri akan selalu dinanti.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com