Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dahlan Iskan "Test Drive" Mobil Listrik Lokal

Kompas.com - 16/07/2012, 12:26 WIB

Depok, KompasOtomotif — Menteri BUMN Dahlan Iskan membuktikan ucapannya untuk melakukan uji coba (test drive) mobil listrik buatan lokal bernama Ahmadi, Senin (16/7/2012) ini. Pengujian dimulai dari bengkel produksi mobil listrik buatan Dasep Ahmadi di kawasan Jati Mulya, Depok, menuju Gedung Kementerian Riset dan Teknologi, MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Dalam uji jalan itu, Dahlan bersama mobil listrik melintasi Jalan Margonda Raya, Lenteng Agung, Pasar Minggu, Pancoran, Gatot Subroto, Semanggi, Sudirman, sampai Gedung BPPT dengan jarak sekitar 48 km. Berbekal Surat Keterangan Jalan dari Kepolisian Resor Depok, Dahlan antusias untuk menguji langsung keandalan mobil listrik bernama Ahmadi mesin 5.0 ini.

"Saya mau menyetir sendiri. Kalau wartawan mau ikut silakan," ujarnya sebelum berangkat dari bengkel Kali Mulya, seperti dilansir Antara.

Dalam perjalanannya, mobil listrik ini sempat diajak berjalan 70 kpj dan mogok di depan Kedutaan Jepang, Jakarta Pusat. Namun, perjalanan kembali bisa dilanjutkan, tetapi dengan kecepatan lebih lambat. Memasuki Gedung BPPT, mobil kembali mogok, tetapi kini sudah berhasil diantisipasi.

Dahlan menegaskan, pengembangan mobil listrik harus difokuskan pada kualitas tinggi yang ditawarkan dalam produk tersebut. "Yang pertama adalah mutu, kedua mutu, ketiga mutu, keempat mutu, dan kelima juga mutu," tegas Dahlan.

Dengan uji coba ini, diharapkan PT Sarimas Ahmadi Pratama bisa mengevaluasi kekurangan dan memperbaiki semua masalah yang ditimbulkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com