Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merasakan Sensasi Proton Preve dan Exora Bold di Shah Alam

Kompas.com - 16/07/2012, 07:54 WIB

Kuala Lumpur, KompasOtomotif — Selain ingin pamer kehebatan pabriknya, tujuan lain Proton mengundang wartawan Indonesia ke Malaysia adalah untuk memperkenalkan produk barunya, yaitu Exora Bold dan Preve. Kedua model ini direncanakan mulai dijual pada Oktober 2012 dan Januari 2013. Wartawan yang diundang diberi kesempatan merasakan sedan kecil dan MPV tersebut di sirkuit pengujian Proton, Shah Alam, Selangor, Malaysia.  

Preve
Pertama, KompasOtomotif mencoba sebagai penumpang belakang pada Preve Executive M/T (5-percepatan) bermesin 1.6 liter yangmenghasilkan 86 PS @5.000 rpm dan torsi 150 Nm@4.000 rpm. Mobil dikemudikan oleh petugas dari Proton, Malaysia, yang mencapai kecepatan maksimum 140 kpj dan hanya berlangsung tiga lap, yang berjalan dengan lancar. 

Kesempatan kedua, KompasOtomotif mengendalikan setir, tetapi yang dipilih adalah Preve Premium A/T. Posisi duduk cukup ergonomis karena bangku bisa disetel posisinya. Tenaga untuk memutar setir agak berat meski sudah menggunakan power steering (tipe hidraulik). Gaya Eropa begitu kentara dan bisa dilihat pada tuas sein yang berada di sisi kiri dan wiper di sisi kanan.

Pada sedan ini, Proton menawarkan berbagai fitur, antara lain tombol start/stop mesin, navigasi, dan cruise control. Sensasi baru dirasakan saat pedal gas ditekan lebih dalam, yaitu ketika mencapai 2.000 rpm atau turbocharger mulai bekerja mendongkrak tenaga.

Varian ini diklaim menghasilkan tenaga 140,04 PS dan 205 Nm yang diperoleh dari 2.000 sampai 4.000 rpm. Sesi singkat, 3 putaran pada sirkuit ini berlangsung tidak sampai 5 menit dengan kecepatan maksimum 140 kpj.  

Bold
Giliran selanjutnya, menjajal model terlaris Proton di Indonesia, yaitu Exora Bold A/T dengan penampilan dan mesin yang lebih segar. Bemper depan dan belakang MPV ini kini desainnya lebih sporty. Sedangkan pelek 16 inci membuat postur lebih kekar.

Nuansa kokpit jauh lebih mewah dibandingkan dengan Exora Star yang sering digunakan KompasOtomotif sebagai kendaraan liputan harian. Kesan mewah diperoleh dari balutan kulit dua warna. Trim silver kini digunakan di dasbor dan kisi-kisi AC serta pegangan pintu. Tambahan lain, kamera belakang dan spion tengah dengan LCD.

Waktu mengemudikan Exora Bold, perasaan paling beda adalah waktu pedal gas ditekan dengan cepat. Saat mesin mencapai 3.000 rpm, terasa hentakan tenaga lebih besar. Jauh lebih responsif dari model sebelumnya. Maklum, mesinnya juga dipasangi turbo! 

"Anda bisa merasakan sensasi mobil bermesin 2.0 liter yang aslinya adalah 1.6 liter. Pastinya lebih irit," beber Gunther Scherz, Presiden Direktur PT Proton Edar Indonesia, setelah test ride.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com