Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencermati Pesona Mitsubishi Outlander Sport (Bagian 1)

Kompas.com - 11/07/2012, 17:52 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - Komentar pertama yang menarik dari Mitsubishi Outlander adalah ketiga diberi tahu harganya, paling bawah (standar) Rp 289  dan paling tinggi  325 juta. Untuk harga segitu  dan mesin, kompetitor paling dekat adalah Suzuki Grand Vitara baik 2.0 liter maupun 2,4 liter. Sedangkan dimensi, Grand Vitara lebih panjang  378 mm, begitu juga dengan jarak antar-sumbu roda. Sebagai pembanding, panjang, lebar, tinggi dan jarak sumbu roda Suzuki Grand Vitara adalah 4.673, 1.849, 1.756 dan 2.707 mm.
 
Kompak
Outlander Sport dengan panjang x lebar x tinggi: 4.295 x 1.770 x 1.625 dan jarak sumbu roda 2.670 mm, termasuk SUV kompak sama dengan Toyota Rush dan Daihatsu Terios. Bahkan Rush dan Terios lebih panjang (dimesin Rush dan Terios: 4.450 mm, tinggi 1.745,1.740 dan jarak sumbu roda 2.685 mm). Namun dari segi penampilan, mesin dan harga, Outlander Sport berada di atas  kedua SUV terlaris di Indonesia  tersebut
 
Dimensi kompak inilah yang membuat Mitsubishi menargetkan Outlander buat anak muda kota yang inginmerasakan  mobil dengan postur lebih tinggi dengan kenyamanan sedan. Karena itu pula, yang dipasarkan adalah versi 4x2, sedangkan 4x4 harus melihat permintaan konsumen. Faktor itu pula yang menyebabkan Mitsubishi memberi tag line “The Legend Meets Urban Soul”.
 
Perbedaan
Dari segi penampilan, ketiga varian Outlandder Sport ini tidak berbeda jauh. Hanya dari dekat bisa diketahui. PX- varian paling top – menggunakan lampu HID atau xenon dengan autolevelling (lampu mengatur ketinggian sorotnya secara otomatis) dan panoramic glass roof. Sedangkan ukuran ban yang digunakan sama.
 
Pada interior, PX yang menggunakan transmisi otomatik CVT, dilengkapi dengan paddle shift, memungkinkan pengemudimemindahkan gigi secara manual. Sedangkan jok dan berlapiskan kulit hanya ada pada PX dan GLS, sedangkan GLX menggunakan fabric. Tambah lain pada PX, panel meter kontras  dan tombol  start/stop mesin.

Head unit dengan layar 7 inci 2DIN yang bisa memainkan DVD, CD, MP3, WMA, Radio AM/FM, koneksi USB, Bluetooth digunakan pada seluruh varian. Audio bisa dikontrol melalui tombol di setir. Kelengkapan audi lainnya, menggunakan 6 speaker, terdiri dari 4 speaker bas dan medium dan dua tweeter.
 
Lainnya, berdasarkan brosur yang diterbitkan Mitsubishi sama, termasuk lampu kabut dengan pinggiran bezel dikrom. Sedangkan warna hanya lengkap  untuk PX, tidak ada merah dan biru untuk tipe GLS dan GLX.
 
Fitur keselamatan
Ketiga varian, dilengkapi sistem keamanan aktif yaitu 4 anti-lock braking system (ABS), electronic brakingforce distribution (EBD) dan Brake Assist (BA). 
 
Perlengkapan keselamatan pasif adalah kantung udara untuk pengemudi dan penumpang depan serta pembebas pedal rem. Untuk yang terakhir,  pedal rem akan melipat bila bagian depan mobil bertabrakan. Dengan cara ini, cedera kaki  pengemudi bisa dicegah tanpa mempengaruhi kerja rem.
 
Untuk efisiensi, Mitsubishi kini mengunakan power steering yang digerakkan oleh motor listrik (electric power steering/EPS). Sedangkan mekanismenya, akan patah, bila terjadi tabrakan sehingga tidak menghantam kaki pengemudi.

Sistem keamanan lain, adalah brake override system (smart pedal), sensor yang memastikan mobil tidak akan tancap gas bila pedal gas dan rem ditekan bersamaan. Bila kondisi ini terjadi, sensor langsung memastikan pengemudi melakukan cara yang salah atau tidak normal. Komputer akan langsung memperlambat laju kendaraan.  (Bersambung)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com