Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota-Daihatsu Siapkan Mobil Kecil dalam Rangka LCGC

Kompas.com - 09/07/2012, 06:31 WIB

Jakarta, KompasOtomotif — Setelah Avanza-Xenia dan Rush-Terios, Toyota dan Daihatsu (di Jepang dan di Indonesia kebetulan berada dalam satu kelompok usaha) akan melanjutkan kolaborasi jilid tiga. Demikian sumber internal Astra yang mengetahui rencana tersebut menceritakan kepada KompasOtomotif.

"Produknya akan dipamerkan perdana di IIMS (Indonesia International Motor Show) 2012," ungkap sumber tersebut. Dijelaskan, produk kolaborasi ini dibuat untuk memanfaatkan program mobil murah dan ramah lingkungan (low cost and green car/LCGC) yang sudah digulirkan pemerintah. Prototipe LCGC ini bahkan sudah dipamerkan di ajang IIMS tahun lalu, yaitu Daihatsu A Concept.

"Meski satu platform, tetapi tetap berbeda. Mirip Avanza-Xenia atau Rush-Terios," lanjut sumber itu. ADM akan memasarkan produk ini menggunakan merek Daihatsu sekaligus sebagai pemasok untuk Toyota.  

Bocoran lain, Daihatsu dan Toyota dikabarkan telah menyiapkan nama masing-masing untuk mobil kecil berkapasitas 4-penumpang yang menggunakan mesin aluminium berkapasitas 1.000 cc ini. "Sudah disiapkan nama lokal, tapi belum final," beber sumber itu.

Kalau sudah begini, dipastikan LCGC yang pertama kali bakal dipasarkan di Indonesia adalah Toyota dan Daihatsu!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com