Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
MotoGP

Kena Penalti, Bautista Start Paling Belakang di Jerman

Kompas.com - 01/07/2012, 02:57 WIB

ASSEN, Kompas.com - Pebalap Gresini Honda, Alvaro Bautista, harus menerima hukuman karena menjadi penyebab kecelakaan yang menimpa Jorge Lorenzo di Sirkuit Assen, Belanda, Sabtu (30/6/2012). Pebalap asal Spanyol ini mendapat penalti start dari posisi paling belakang pada seri kedelapan di Sachsenring, Jerman, pekan depan.

Bautista, yang start dari posisi kedelapan, dan Lorenzo, yang start dari posisi ketiga, terlibat kecelakaan di tikungan pertama saat balapan baru dimulai. Ini akibat Bautista, yang berusaha mengambil dari sisi dalam, kehilangan kontrol saat pengereman, yang membuatnya menghantam kompatriotnya tersebut.

Akibat insiden ini, kedua pebalap tak bisa melanjutkan lomba karena kerusakan pada motor. Tetapi yang paling dirugikan adalah Lorenzo, karena dia tak bisa mendapatkan poin, sedangkan rivalnya dari Repsol Honda, Casey Stoner, justru menjadi pemenang dalam balapan selama 26 lap tersebut.

Alhasil, kini Stoner bisa menyamai perolehan poin Lorenzo, yang masih memimpin klasemen sementara. Padahal, jika Lorenzo berhasil menyelesaikan lomba dan menuai poin - walaupun tak menjadi pemenang - maka pekerjaannya pada seri-seri berikutnya tak seberat kondisi sekarang. Dengan raihan poin yang sama, yaitu 140, maka Lorenzo harus berjuang keras lagi di Sachsenring, sehingga ambisinya untuk merengkuh gelar juara dunia bisa terwujud.

Pimpinan balapan MotoGP memutuskan bahwa Bautista "membalap dengan cara yang tidak bertanggungjawab, yang menyebabkan bahaya bagi pebalap Jorge Lorenzo" dan dikenakan hukuman pengurangan grid di Jerman pada pekan depan.

Atas keputusan ini, Gresini mengajukan banding. Akan tetapi, keputusan tersebut diperkuat oleh para steward, sehingga Bautista harus menjalaninya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com