Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vespa Jakarta Jalan-Jalan ke Sumatera

Kompas.com - 26/06/2012, 15:39 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - Komunitas Campursari Vespa Jakarta (CSVJ) melakukan turing  "Jalan-Jalan Sumatera", 16-20 Mei 2012. Rute Pekan-baru menuju Medan berjarak 520 km berhasil diterobos total 30 unit Piaggio dari berbagai tipe. Jalur ini sengaja dipilih karena dianggap memiliki variasi permukaan jalan yang komplet. Mulai dari tanjakan, turunan, kelokan, aspal sampai permukaan tidak rata.

Rombongan memulai perjalanan dari diler PT Skuterindo Mandiri Lestari, Pekanbaru, Riau. "Jadi skuter sudah dikirim lebih dulu lewat paket seminggu sebelumnya. Peserta tinggal langsung mengambil motornya masing-masing," komentar Itok Harsono, Ketua Panitia, dalam keterangan yang diterima KompasOtomotif, (26/6/2012).

Lepas dari Pekanbaru, iring-iringan langsung meluncur ke arah Bangkinang dan disambut pemandangan indah di jembatan Sungai Kampar. Menjelang sore rombongan mulai masuk ke perbatasan Riau – Sumatera Barat dan melalui jalur legendaris kelok Sembilan. Tak lama berselang, sejumlah anggota komunitas Vespa dari Sumbar bergabung. "Mereka panitia dari PT Ekaindo Jaya Abadi (diler Piaggio wilayah Payakumbuh, Sumatera Barat),” tambah Itok.

Tiba di Kota Payakumbuh, rombongan CSVJ sempat dijamu makan malam, konvoi keliling kota, kunjungan dealer, city tour di Bukittinggi dan bermalam di hotel The Hills. Keesokan harinya, rombongan melanjutkan perjalanan menunju Padang Sidempuan, Tapanuli Selatan. “Jarak tempuh hari kedua lebih jauh, nyaris 300 km,” komentar Sapta Bramana, salah satu sesepuh CSVJ.

Rute selanjutnya menuju Parapat melalui Sidempuan, Sipirok dan Danau Toba. “Di sini (Sidempuan-Sipirok) kami dihadapi jalur yang lagi diperbaiki. Benar-benar menguras fisik dan kepiawaian berkendara dengan jalur sekitar 20 kilometer”, lanjut Itok.

Rombongan akhirnya tiba di kawasan wisata Parapat dan beristirahat di hotel Patra Jasa yang terkenal oldies. Baru kemudian melanjutkan perjalan ke Medan. “Konvoi keliling kota dan diakhiri di Lapangan Merdeka dengan pengawalan kepolisian Medan, sungguh sambutan yang luar biasa bagi kami” tambah Itok.

CVSJ didukung oleh beberapa produk komersial seperti Evalube Scootic, diler Sumatera dan Gazero (obat anti kembung grup Promag). CSVJ merupakan komunitas pecinta Vespa memayungi pencinta Piaggio baik produk lawas maupun baru, dibentuk pada 17 Agustus 2008.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com