Sabtu, 1 November 2014

Otomotif


“Remote Control” di Setir dari Apple

Senin, 18 Juni 2012 | 14:54 WIB
Dibaca:   Komentar:
|
Share:
  • Sumber : DigitalTrends | Author : -

    Remote Control dari Apple yang dipasang di setir untuk mengontrol sistem audio mobil

  • Sumber : DigitalTrends | Author : -

    Sistem kerja "Remote Control" Apple

  • Sumber : DigitalTrends | Author : -

    Remote Control Scosche, juga digunakan untuk mengontrol iPod

San Francisco, KompasOtomotif — Karena makin banyak pemilik mobil menghubungkan peranti iPod Touch atau iPhone ke sistem audio mobil, Apple membuat pengontrol musik khusus yang memungkinkan pengemudi mengganti lagu tanpa harus memalingkan mata dari jalan. Bahkan, peranti keras yang nantinya dipasang di setir ini sudah mendapatkan paten. Menurut Apple, terdapat 21 paten pada alat pengontrol ini yang dihubungkan ke sistem audio mobil tanpa menggunkaan kabel (nirkabel). 

Tombol perintah

Dengan remote control ini, pengemudi mobil dapat memilih trek khusus tanpa mengangkat tangannya dari setir. Pada alat ini, Apple melengkapinya dengan tombol skip untuk trek, tombol "play" dan "pause" untuk musik, dan "menu" untuk mengakses album berbeda.

Tombol-tombol yang sangat peka dengan sentuhan ini juga digunakan untuk memilih atau mengatur volume. Yang terakhir ini akan tumpang-tindah (overlap) dengan tombol-tombol pengatur audio yang makin banyak digunakan oleh produsen mobil, khususnya untuk produk terbaru. Kendati demikian, tentu saja manfaatnya sangat bisa dirasakan, terutama bagi pemilik dari mobil yang belum dilengkapi dengan tombol-tombol pada setir.

Berdasarkan dokumentasi paten, pengemudi dapat melakukan navigasi semua album pada layar sentuh LCD seperti yang banyak digunakan pada mobil keluaran terakhir. Dengan ini diharapkan, pengemudi bisa mengganti lagu sembari tetap melihat ke jalan. Cara ini dinilai lebih baik dibandingkan bila menaruh iPod Touch atau iPhone yang dipegang oleh pengemudi.

Menurut DigitalTrends, di bawah remote control ini, Apple menyertakan bagian yang bisa dilepas, yaitu tempat baterai. Baterai yang digunakan jenis kancing, sama dengan jam tangan.

 
Klem universal
Apple berencana mengimplementasikan cara pemasangannya secara universal dengan menggunakan klem pada setir. Kendati demikian, belum dirinci, apakah klem atau penjepit tersebut dibuat dari aluminium, plastik, serat gelas, atau bahan lainnya. Bagian atas remote dapat diputar 180 derajat ke kiri atau ke kanan (seperti iPod Nano).
 
Apple juga belum memberi tahu apakah kontrol tanpa kabel ini digunakan untuk mengontrol iPod Touch generasi terbaru. Padahal, sebelumnya, Scosche sudah mengembangkan alat dengan tugas yang sama, berupa pengatur nirkabel (remote control) yang diikatkan ke setir dengan Velcro dan bisa mengontrol kerja iPod.  
 
 

Sumber: DigitalTrends

Editor : Zulkifli BJ