Kamis, 23 Oktober 2014

Otomotif


Menguak Selubung Chevrolet Spin

Senin, 18 Juni 2012 | 12:09 WIB
Dibaca:   Komentar:
|
Share:
  • Sumber : auto esporte | Author : -

    Chevrolet Spin saat dites di Brasil. Diluncurkan menjelang akhir bulan ini

  • Sumber : auto esporte | Author : -

    Desain bagian belakang Chevrolet Spin

  • Sumber : auto esporte | Author : -

    Kokpit Chevrolet Spin

  • Sumber : auto esporte | Author : -

    Wajah depan dan belakang Chevrolet Spin

Jakarta, KompasOtomotif — Berita yang sangat menarik dalam industri dan bisnis otomotif Indonesia minggu lalu adalah pengumuman rencana General Motors untuk memproduksi MPV 5-7 penumpang di Indonesia, yaitu Chevrolet Spin. Hebatnya, itu diumumkan langsung oleh Dan Akerson, orang nomor satu di General Motors, dalam rapat tahunan perusahaan itu di Detroit, seminggu lalu (12 Juni 2012). Alhasil, pengumuman tersebut diberitakan oleh berbagai media otomotif internasional.

“Spin tampil dengan sosok menarik dan merupakan mini MPV yang fungsional. Inilah mini MPV pertama di kelasnya yang menggunakan transmisi otomatik 6-percepatan,” urai Dan Akerson. “Harga Spin terjangkau; dan yang paling penting, gampang dimiliki,” tambahnya.
 
Di Indonesia, cukup banyak konsumen menunggu kehadiran MPV Chevrolet yang sebelumnya disebut peope mover (PM) 7-penumpang itu. Ternyata yang muncul adalah MPV kelas menengah dengan harga cukup mahal, Rp 324 juta. Adapun konsumen Indonesia mengincar MPV dengan harga di bawah atau sekitar Rp 200 juta. Paling tidak, menyamai kompetitor utamanya saat ini, yaitu Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dan Suzuki Ertiga.
 
Meski demikian, Dan Akerson membanggakan Spin. “Fleksibel, bisa diubah dari 5 ke 7 kursi atau sebaliknya. Bisa digunakan untuk membawa barang, irit bahan bakar, penampilan mirip dengan SUV, serta eksterior yang kekar dan lebar. Interiornya menggambarkan komitmen General Motors (GM) untuk memberikan nilai tambah dengan penampilan mobil mahal," bebernya.  
 
Mesin
Kendati belum ada spesifikasi, dan secara resmi gambar yang dipublikasi baru berupa siluet, bocoran tentang mini MPV ini cukup banyak. Kalau di Indonesia baru diproduksi tahun depan, Spin di Brasil meluncur menjelang akhir bulan ini (diperkirakan 27-28 Juni). Dengan demikian, sosoknya makin terkuak, mulai dari foto sampai video yang diunggah ke Youtube.
 
Berdasarkan teaser berupa siluet dari samping, pengamat menilai Spin adalah perpaduan minivan dan crossover. Sosoknya dikaitkan (sebagai produk global) dengan Chevrolet Sonic dan menggunakan mesin yang sama. Sementara itu, media Brasil, fotosecarros.com, mengatakan bahwa Spin menggunakan mesin 1,4 liter EconoFlex, sama dengan SUV Chevy Agile yang menghasilkan tenaga 102 PS dan torsi 13,6 kgm.
 
Sementara itu, Auto Esporter, yang juga dari Brasil, melaporkan bahwa sejak Maret lalu, mobil ini setiap hari dites di jalan tol Brasil, bahkan pernah tepergok sedang isi bensin di SPBU. Sampai saat ini, hanya dijelaskan bahwa interior MPV tersebut termasuk lega, dan belum ada detail mengenai dimensi.

Untuk harga, Spin di Brasil dijual 27.227 dollar AS atau setara Rp 257 juta. Dengan merakitnya di Indonesia, GM berharap harga Spin makin terjangkau konsumen di Tanah Air! Paling tidak, konsumen Indonesia punya pilihan makin beragam untuk MPV kompak!  
 

“Spin tampil dengan sosok menarik dan merupakan mini MPV yang fungsional. Inilah mini MPV pertama di kelasnya yang menggunakan transmisi otomatik 6-percepatan,” jelas Dan Akerson

Sumber: fotosecarros.com.br & autoesporte.com

Editor : Zulkifli BJ