Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Juta Unit Mobil Hibrida Toyota Terjual di Seluruh Dunia

Kompas.com - 22/05/2012, 13:36 WIB

Toyota City, KompasOtomotif – Toyota Motor Corporation (TMC) hari ini mengumumkan telah menjual 4 juta unit mobil hibrida di seluruh dunia sampai 30 April lalu. Mobil hibrida pertama kali diluncurkan oleh TMC di Jepang pada Agustus 1997, yaitu “Coaster Hybrid EV”. Pada Desember tahun yang sama, diperkenalkan Prius sebagai mobil penumpang hibrida yang diproduksi secara massal. 

Toyota mulai menjual Prius di luar Jepang, yaitu di di Amerika dan  Eropa pada tahun 2000. Pada2003, Toyota memperkenalkan Prius generasi ke-2 dan TMC menambah terus model-model hibrida, seperti minivan, SUV, sedan gerak roda belakang dan hatchback kompak.

Generasi ketiga Pirus diluncurkan pada Mei 2009 diklaim memperoleh sukses penjualan di seluruh dunia. Sebagai bukti, pada akhir Februari 2011, total mobil hibrida yang terjual di seluruh dunia sudah mencapai 3 juta unit.  
 
Tahun lalu, Toyota memperkenalkan Prius α (alpha) MPV dan Aqua. Alhasil, sampai saat ini mobil hibrida yang dipasarkan Toyota sudah mencapai 18 model dan dipasarkan di 80 negara. Dengan ini pula, seluruh mobil Toyota yang terjual di seluruh dunia, 15 persen berasal dari hibrida (termasuk Lexus). 
 
Saat ini, Toyota sedang mempersiapkan hatchback kompak hibridanya, yaitu Yaris Hybrid yang akan diluncurkan pertama kali di Eropa dan Lexus “ES300h” di Amerika Serikat.
 
Dengan 4 juta unit hibrida tersebut, emisi karbondioksida (CO2) yang bisa dipangkas oleh Toyota mencapai sampai 26 juta ton. 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com