Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Ribu Chrysler 300 dan Dodge Sedan di "Recall"

Kompas.com - 07/05/2012, 15:38 WIB

Michigan, KompasOtomotif - Chrysler harus me-"recall" 119.700 unit Chrysler 300 dan Dodge sedan dicurigai bermasalah pada sistem ABS dan kontrol stabilitas (ESC)-nya. Dijelaskan, gangguan pada distribusi daya rem itu bisa  menyebabkan panas dan menyebabkan rem tidak berfungsi. Sampai saat ini belum ada laporan terjadinya kecelakaan. .

"Panas muncul pada kelistrikan sistem rem yang bisa melelehkan plastik sekring ABS dan akhirnya putus. Akibatnya selanjutnya, ABS tidak berfungsi dan merambat ke ESC," tulis Chrysler dalam keterangan resmi di akhir pekan lalu.

Chrysler meminta konsumennya menghubungi dealer terdekat untuk melakukan pengecekan. Untuk unit yang bermasalah  dilaukan perbaikan dan pergantian komponen secara gratis.

"Meski gangguan menimbulkan akibat ringan, kami tidak mau ambil resiko yang menimbulkan akibat buruk  terhadap pelanggan kami. Tanggunng jawab kami terbaik adalah recall," terang David Dillon, Head of Product Investigations and Campaigns, CGLLC.

Recall ini dinilai ironis. Pasalnya, kedua merek baru saja mendapatkan penghargaan "Top Safety Picks" yang dikeluarkan oleh Institut Asuransi Keselamatan Jalan Raya (IIHS). Bahkan Lembaga Nasional Administrasi Keselamatan Jalan Raya (NHTSA) Serikat ikut memberikan lima bintang saat melakukan uji tabrak. Predikat tersebut didapat tak lepas dari performa sistem rem dan kontrol stabilitas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com