Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
GP Spanyol

Kalahkan Duo Spanyol, Stoner Akhiri Paceklik di Jerez

Kompas.com - 29/04/2012, 19:58 WIB

JEREZ, Kompas.com - Pebalap Repsol Honda, Casey Stoner, mewujudkan ambisinya untuk naik podium utama GP Spanyol. Start dari urutan kelima, pebalap Australia ini mampu memenangkan pertarungan dengan duo Spanyol, yaitu rivalnya dari Yamaha, Jorge Lorenzo, serta rekan setimnya, Dani Pedrosa, sekaligus mengakhiri paceklik kemenangan di Sirkuit Jerez.

Ini adalah kemenangan pertama Stoner di Jerez sepanjang kariernya. Sedangkan bagi Lorenzo, ambisi untuk merebut dua kemenangan berturut-turut di seri pembuka MotoGP harus pupus, dan dia juga gagal mencetak hat-trick di depan publik sendiri setelah dua musim sebelumnya selalu jadi pemenang.

Dengan hasil seri kedua ini, Lorenzo tetap memimpin klasemen sementara dengan total 45 poin, disusul Stoner dengan 41. Sedangkan Pedrosa, yang start dari posisi kedua, harus puas finis di urutan ketiga, dan saat ini menempati posisi ketiga klasemen sementara dengan raihan 36 poin.

Jalannya balapan

Pedrosa melakukan start yang sempurna, sehingga dia langsung berada di depan. Lorenzo berada di urutan kedua, disusul Crutchlow. Menjelang akhir lap pertama, Dovizioso menyodok ke urutan kedua, tetapi langsung dibalas oleh Lorenzo. Traffic di awal lomba ini membuat para pebalap sangat berhati-hati, sehingga tidak terjadi kecelakaan.

Memasuki lap kedua, Stoner, yang membuat fastest lap, menyalip Lorenzo sehingga dia mengancam posisi Pedrosa. Benar saja, pebalap Australia ini berhasil melewati rekan setimnya tersebut untuk memimpin jalannya lomba. Sedangkan Pedrosa malah melorot ke urutan keempat, di belakang Lorenzo dan Hayden. Duo Yamaha Tech 3, Crutchlow dan Dovizioso, juga ikut meramaikan persaingan di barisan depan, karena mereka membuntuti Pedrosa.

Di lap ketiga, jarak antarpebalap mulai renggang. Stoner, Lorenzo, Hayden, Pedrosa, Dovizioso, dan Cruthclow, bersaing di kelompok depan. Satu lap berselang, Stoner kian jauh dan membuat gap 0,547 detik dengan Lorenzo. Di posisi ketiga, Hayden mendapat ancaman dari Dovizioso, yang berhasil melewati Pedrosa.

Memaski lap keenam, Stoner dan Lorenzo semakin jauh di depan. Pertarungan ketat justru terjadi dalam perebutan posisi ketiga karena Hayden, Dovizioso, Pedrosa, dan Crutchlow, saling mengintai, lantaran jarak mereka yang begitu dekat. Tak lama berselang, Pedrosa menyodok ke urutan ketiga setelah melewati Dovizioso dan Hayden.

Tampaknya, performa Ducati GP12 mulai kendor sehingga pada lap ketujuh, Hayden yang start dari urutan ketiga, sudah melorot ke urutan enam. Bukan cuma Pedrosa yang melewatinya, juara dunia 2006 ini pun disalip Dovizioso dan Crutchlow. Bahkan dia mulai mendapat ancaman dari dua tim satelit Honda, Stefan Bradl (LCR), dan  Alvaro Bautista (Gresini).

Bagaimana dengan Rossi? Juara dunia tujuh kali kelas premier ini hanya mampu bersaing di barisan belakang dan bertarung melawan tim-tim satelit Ducati. Hingga lap kedelapan "The Doctor" ada di urutan ke-10, bersaing dengan Hector Barbera (Pramac), dan Karel Abraham (Cardion AB).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com