Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsep Sepeda Motor Listrik, Dari Superbike Sampai "Naked Bike"

Kompas.com - 28/04/2012, 10:28 WIB

KompasOtomotif - Rabu lalu  (25), beberapa konsep sepeda motor listrik  masa depan sudah ditampilkan. Kini, masih ada 5 perancang lainnya menunjukkan karyanya sebagai solusi kelak ketika menghadapi  cadangan minyak yang semakin menipis dan harga terus melambung tinggi. Meski desain unik, tapi persyaratan ramah lingkungan, aman dan nyaman tetap menjadi perhatian utama. Inilah para konsep itu;

6. Amplio (Sebastian Tymoczko)

Konsep ini diklaim sangat praktis karena ketika baterai habis bisa diganti, sementara yang kosong diisi ulang kembali. Baterai untuk kuda listrik ini terdapat lebih dari satu, serta menyimpan tenaga sebesar 10 kWh ditempatkan pada rak alumunium ringan. Disamping itu sepeda motor ini akan dilengkapi dengan sistem pengereman regeneratif nyata, lalu sinkronisasi AC motor dan tempat duduk ergonomis.

7. Audi EB1 (Juan Sebastian Orozco Herrera)

Audi EB1 mungkin terlihat aneh tetapi inilah sepeda motor listrik bergaya ekstrem terbaik. Kuda besi yang menghasilkan kadar nol emisi digerakan oleh motor 42 kW dan mampu menghasilkan tenaga sebesar 57 PS. Hasil itu didapat dari baterai sel ion-lithium 48 V, 22ah. EB1 dilengkapi dengan layar monitor OLED, suspensi mono-shock, dan lampu depan serta belakang OLED.

8. Voltra (Dan Anderson)

Voltra merupakan konsep naked bike yang rendah dan posisi mesin menyatu dengan lengan ayun, serta dapat dipisahkan. Lalu kursi yang sekaligus ekor ditempatkan menyatu dengan subframe. Untuk mempertahankan penampilan yang ramping baterai disembunyikan dalam perut motor.

9. Abarth NGR (Rob Thornham)

Konsep sepeda motor listrik ini diciptakan sebagai penerus superbike konvensional. Sang desainer membuatnya denngan bahan ringan, berteknologi hubless dan bodi yang aerodinamis. Dalam desain ini terdapat saluran udara strategis untuk mendinginkan sistem baterainya. Lalu untuk fitur lainnya terdapat helm heads-up display yang memberikan data performa pengendara.

10. Shavit (Eyal Melnick)

Sepeda motor listrik ini datang dengan desain tempat duduk unik, yang membuat posisi pengendara sedikit tegak saat menunggangi kuda listrik ini. Posisi kursi itu pun dapat diubah hanya dengan menekan tombol dan tidak sampai disitu footstep serta setang juga dapat disesuaikan kedudukannya. Untuk mempertahankan desain minimalis tangki bahan bakar dihilangkan, lalu digantikan dengan sasis yang besar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com