Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/04/2012, 05:38 WIB

KompasOtomotif - Kampanye kendaraan ramah lingkungan tidak hanya pada mobil saja, tetapi para produsen sepeda motor dunia juga sudah mulai menyiapkan konsep andalannya. Menariknya,  sepeda motor bertenaga listrik ini, didesain dengan tingkat mobilitas dan kinerja tinggi di masa depan. Inilah desain sepeda motor listrik tersebut;

1. Frog eBike 2012 (Frog Design)

Frog eBike ini merupakan desain yang bertujuan untuk membunuh banyak desain tradisional dari bentuk sepeda motor konvesional. Motor listrik yang menggantikan mesin pembakarannya, dibuat seminimal mungkin dan merampingkan komposisi sepeda motor itu. Rumah baterai akan dipasang pada bagian bawah sasis dan posisi itu akan membantu menurunkan pusat gravitasi. Komponen lain yang akan dilengkapi pada Frog eBike ini termasuk panel instrumen OLED digital, kemudi fly-by-wire dan helm dengan pendeteksi retina, serta heads-up display.

2. Honda Oree (Nike Albertus & Andre Look)

Inilah karya mahasiswa Jerman, Andre Look dan Nike Albertus. Sepeda motor ini paket baterai sport dan motor listrik, yang ditempatkan di tepi powerplant. Motor listrik tersebut dapat menyemburkan tenaga 91 PS dan torsi 169 Nm, sehingga kuda besi ini dapat berlari dengan kecepatan maksimal 190 kpj. Oree juga mengambil sedikit desain naked bike dengan suspensi yang terbuka.

3. AER Racing (Andre Federico Look)

AER akan menjadi salah satu konsep dengan tenaga besar, karena memakai 4 motor listrik bertenaga 143,5 kW. Pada roda depan dibekali satu mesin listrik kecil untuk menggunakan kembali energi yang ada saat pengereman. Lantas, 4 motor listrik yang masing-masing berbobot 4,5 kg akan dipakai untuk memberikan akselerasi lebih cepat.

4. BMW E 100R (Mika Mahonen)

Desain yang satu ini dirancang sebagai sepeda motor dengan nol emisi dengan biaya rendah. Karena itu, desain yang ditampilkan sederhana, mengandalkan rangka yang ringan dan mesin kuat. BMW E 100R mampu menghasilkan tenaga hingga 108 PS dan torsi 131 Nm, yang energinya disuplai oleh sebuah baterai pada rangkanya.

5. VertiGo (Maarten Timmer)

Desain sepeda motor listrik Timmer mengambil bentuk sport, yang menjanjikan torsi tinggi, akselerasi cepat, emisi rendah dan jarak berkendara 100 sampai 150 km. Memang secara desain VertiGo ini tidak jauh berbeda dengan motor sport konvensional, tapi dipercaya kuda besi ini dapat memberikan torsi instan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com