Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

All-New Hyundai Santa Fe Belum ada Kepastian ke Indonesia

Kompas.com - 21/04/2012, 09:02 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - Hyundai Motor Co. (HMC) mengumumkan, penjualan Santa Fe  secara global ditargetkan 152.000 unit  pada tahun ini. Di negara asalnya,  SUV ini sudah memperoleh 15.000 unit pesan. Di Eropa, penjualan dimulai dijual Juni  dan Amerika Serikat sebulan kemudian dan China pada Oktober 2012. 

Bagaimana dengan  Hyundai Indonesia? Ketikadihubungi,  jawaban yang diperoleh, "Kita pasti akan menjual Santa Fe tahun ini. Waktu tepatnya masih belum bisa dipastikan. HMC masih konsentrasi untuk setir kiri. Jadi saat ini semua masih buram," ujar Mukiat Sutikno, Wakil Presiden Direktur Hyundai Mobil Indonesia (HMI) saat dihubungi KompasOtomotif  kemarin (20/4).

Proses perubahan biasanya dimulai 6 bulan sampai setahun setelah produksi pertama dimulai. "Untuk model yang satu ini, dipercepat oleh HMC dan diharapkan pengiriman unit ke Indonesia bisa lebih cepat,"  tambah Mukiat.  Mengenai target, pihaknya juga belum bisa memproyeksikan karena penetapan harga bisa ditentukan. 

Santa Fe dengan panjang 4.905 mm, lebar 1.885 mm, tinggi .689 mm dan jarak sumbu roda 2.799 mm, akan berhadapan dengan Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport dan Ford Everest meskipun beda model sasis (Santa Fe pakai monokok).

"Untuk mesin kita masih melakukan beberapa pertimbangan. Apakah  2.0-liter atau 2.4-liter karena ikut menentukan harga jual," papar Mukiat. Diperkirakan, di Indonesia natinya Santa Fe dibandrol pada rentang Rp 400 - 500 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com