Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Audi Akhirnya Caplok Ducati

Kompas.com - 18/04/2012, 07:09 WIB

Milan, KompasOtomotif - Keinginan Audi mencaplok Ducati akhirnya terwujud. Merek mobil premium asal Jerman itu sepakat mengeluarkan dana tak kurang dari 1,1 miliar dolar AS atau Rp 10,09 triliun, setara dengan membeli 252.000an Kawasaki Ninja 250R dengan harga Rp 40 jutaan.

Informasi bocor ke media dari sumber yang mengetahui rencana tersebut dan dilansir Bloomberg (17/4/2012). Kesepakatan  transaksi Audi dengan Invenstindustrial sebagai  pemilik saham mayoritas, tercapai pekan lalu.

Harga tersebut sudah termasuk biaya untuk menutup hutang Ducati 200 juta euro (Rp 2,4 triliun). Nilai penjualan tersebut sama dengan tujuh kali lipat keuntungan yang dicapai Ducati pada 2011 sebelum dipotong pajak. Sementara aitu, Audi dan Investindustrial masih enggan memberi komentar.

"Ducati merupakan salah satu merek terbaik yang bisa dibeli untuk tujuan strategis Volkswagen. Keuntungan yang diperoleh perusahaan melebihi gabungan Lamborghini dan Bugati," beber Christoph Stuermer, Analis dari IHS Automotive di Frankfurt, Jerman.

Ducati akan membantu Audi menaklukkan pasar otomotif premium yang masih didominasi BMW,  baik sepeda motor maupun mobil. Tahun lalu, penjualan Ducati mencapai 42.000 unit atau senilai 480 juta euro (Rp 5,7 triliun).
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com