Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Tantang VW di Eropa

Kompas.com - 17/04/2012, 08:59 WIB

Stockholm, KompasOtomotif - Secara kelompok, Toyota telah dikalahkan oleh Volkswagen AG untuk total penjualan global sejak tahun lalu. Kini, produsen terbesar Jepang itu kembali menantang langsung VW di pusatnya, Jerman. 

Caranya, meluncurkan dua produk kunci,  yaitu Yaris Hibrida dan sedan sport kupe GT 86 untuk kembali meningkatkan penjualan di Eropa setelah tahun lalu sempat anjlok sampai 47 persen, terburuk sejak 2007. Bukan cuma itu, Toyota juga akan memanfaatkan kerjasamanya dengan Bayerische Motoren Werke (BMW) untuk mengembangkan portofolio mesin diesel mulai 2014.

"Sangat tidak bisa diterima melihat volume penjualan Toyota seperti ini di Eropa. Kami sudah berbenah, membuat manajemen perusahaan lebih ramping, lincah dan kini kembali bersemangat penuh," komentar Didier Leroy, Presiden Direktur Toyota Eropa yang  dilansir Bloomberg (16/4/2012).

Toyota yakin bisa meningkatkan penjualannya tahun ini. Untuk itu, pangsa pasarnya di Uni Eropa dinaikkan menjadi 6,6 persen dari tahun lalu hanya 5,7 persen. Di sisi lain, VW jutsru terpeleset karena pangsa pasarnya turun dari 18,5 persen jadi 18,3 persen (berdasarkan data IHS Automotive).

Dengan pertumbuhan positif di Eropa, Toyota juga berharap bisa menjegal atau setidaknya menghambat ambisi VW menjadi produsen nomor satu di dunia pada 2018. Seperti diketahui, Toyota tahun lalu menghadapi berbagai masalah, mulai dari bencana alam di Jepang dan  "recall" besar-besaran di AS dan Eropa (2009-2010).

Senjata
Salah satu faktor utama optimisme Toyota di Eropa adalah kemampuannya mengambil kembali hati konsumen. Jonathon Poskitt, Kepala Riset LMC Automotive di Oxford, Inggris mengatakan, "Toyota perlu menata kembali fokus perusahaan dengan produk yang tepat. Konsumen di Eropa sudah ditawarkan kendaraan berkualitas tinggi."

Untuk menjawab ini, Toyota punya produk terbaru Yaris hibrida yang siap menantang dominasi VW Polo di pasar. Produksi hatchback "hijau" ini mulai bergulir pekan ini di pabrik Valenciennes, sebelah utara Perancis. Keunggulan Yaris hibrida tak lain hematnya konsumsi bahan bakar 32,3 kpl.

Sedangkan untuk penggemar kecepatan, Toyota sudah menyiapkan GT 86 sebuah produk kolaborasi dengan Subaru. Mobil sport ini bisa dikebut 0-100 kpj dalam 8,2 detik. Mobil ini disiapkan untuk menantang produk lain yang ada di pasar seperti VW Scirocco dan Peugeot RCZ.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com