Selasa, 21 Oktober 2014

Otomotif


Kia Rio dan Suzuki Swift Raih Predikat Teraman

Penulis: Aris F.Harvenda | Senin, 16 April 2012 | 11:05 WIB
Dibaca:   Komentar:
|
Share:
Sumber : ncap | Author : -

Tes tabrak yang dilakukan Kia Rio hatchback

Canberra, KompasOtomotif - Program Penilaian Kinerja Keselamatan Mobil Baru Australia (ANCAP : Australian New Car Assessment Program ) mengeluarkan keterangan resmi bahwa Kia Rio dan Suzuki Swift meraih predikat mobil teraman seperti yang dikabarkan CarAdvice (16/4).

Kedua merek tersebut berhasil mendapat nilai lima bintang setelah melalui rangkaian uji tabrak - depan, samping dan belakang - yang dilakukan lembaga tersebut. Dari hasil pengujian, keduanya mengumpulkan nilai sama 15,68 dari maksimum 16 poin pada uji tabrak depan. Efek ruang kabin yang tidak terlalu ringsek juga menjadi pertimbangan.

Kendati demikian, ada catatan khusus karena teridentifikasi adanya risiko cedera di dada yang cukup serius dan kaki pengemudi. Sementara pada tes tabrak samping meraih 15,8 dari 16. Total dengan perhitungan perangkat keselamatan lain meraih total 35,55 dari nilai maksimum 37 dan berhak mendapat  5 bintang.

Disaat bersamaan, ANCAP juga mengumumkan hasil  tes yang dilakukan Jeep Compas. Secara total nilai yang dikumpulkan 29,21 dari 37 sehingga hanya meraih 4 bintang. Untuk tes tabrak depan hanya mengumpulkan nilai 11,21 dari 16, sedangkan tabrak samping meraih nilai sempurna yaitu 16. Total poin  tersebut terganjal oleh uji tabrak bagi pejalan kaki.

Sumber: caradvice

Editor : Bastian