Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Triumph Siapkan Sepeda Motor 125cc untuk Negara Berkembang

Kompas.com - 16/04/2012, 06:59 WIB

Delhi, KompasOTomotif - Awal tahun ini, Triumph Motorcycles mengumumkan kehadirannya di India. Kini, merek sepeda motor asal Inggris ini punya rencana lebih besar, menciptakan produk baru untuk menyasar pasar negara berkembang, seperti India, China, termasuk Indonesia.

Sumber internal perusahaan mengatakan, "Triumph telah mengadakan pertemuan dengan perusahaan pemasok komponen sejak tahun lalu (2011). Juga didiskusikan rencana memproduksi model baru bermesin 125 cc. Kemungkinan mulai diproduksi tahun depan."

Rencananya, sepeda motor tersebut akan diproduksi di India. Selanjutnya dipasarkan ke berbagai negara untuk menambah volume produksi. Salah satu identitas negara berkembang potensial adalah yang belum punya sistem transportasi terpadu sehingga pasar sepeda motor masih terus tumbuh.  

Walaupun masih spekulasi, Triumph diperkirakan masih genre sepeda motor sport "full fairing" untuk motor 125 cc. Model ini akan bersaing dengan Yamaha R-15, Honda CBR 150R, sampai KTM Duke 200. Selain itu, kehadiran Triumph 125 cc bisa membuka akses pasar ke segmen menengah yang saat ini dinikmati merek-merek lokal (Bajaj, TVS) dan Jepang (Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki).

Triumph akan merakit model ini di Karnataka, India dan pabrik mulai dibangun tahun ini. Dijelaskan pula, ini merupakan pabrik ketiga Triumph di dunia setelah di Inggris dan Thailand.

Terkait pabrik Thailand, Triumph dipastikan tentu punya rencana atau ingin menikmati pasar paling gemuk di kawasan Asean, yaitu Indonesia. Kebetulan kondisi angkutan umumnya sesuai dengan target pasar Triumph.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com