Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kualifikasi GP China

Rosberg "Pole", Vettel Mengecewakan

Kompas.com - 14/04/2012, 14:26 WIB

SHANGHAI, Kompas.com - Nico Rosberg tampil sangat impresif pada sesi kualifikasi GP China, Sabtu (14/4/12). Pebalap Mercedes GP ini mencatat waktu terbaik 1 menit 35,121 detik, sehingga berhak menempati pole position untuk balapan di Shanghai, China, pada Minggu (15/4/12).

Rosberg jauh meninggalkan lawan-lawannya. Jika pada tiga sesi kualifikasi gap antara para pebalap di posisi depan tak lebih dari 0,2 detik, maka pada kualifikasi ini Rosberg unggul jauh. Dia terpaut 0,505 detik dari pebalap McLaren, Lewis Hamilton, yang berada di urutan kedua.

Mercedes GP tampil konsisten sepanjang akhir pekan ini. Terbukti, di urutan kedua ada pebalap veteran asal Jerman yang merupakan kompatriot Rosberg, Michael Schumacher, yang tertinggal 0,570 detik.

Dengan penalti lima grid yang harus diterima Hamilton akibat kemarin mengganti gearbox, maka saat start nanti Mercedes akan berada di posisi pertama dan kedua. Itu artinya, Mercedes berpeluang besar mencetak sejarah meraih kemenangan pertama mereka. Apalagi Hamilton akan start dari urutan ketujuh.

Jika duo Jerman dari Mercedes tersebut merayakan kesuksesan karena akan start dari barisan depan, serta pole pertama bagi Rosberg, maka cerita menyedihkan dan mengecewakan datang dari pebalap Jerman lainnya yang berstatus juara dunia, Sebastian Vettel. Pasalnya, pebalap Red Bull Racing ini start dari urutan ke-11 setelah tersingkir di Q2.

Ini menunjukkan bahwa kubu Vettel belum menemukan pengesetan yang tepat pada mobil RB8, karena selama akhir pekan ini dia mengalami kesulitan. Padahal, dalam tiga GP China terakhir, Vettel selalu meraih pole.

Kejutan juga dilakukan pebalap Sauber-Ferrari, Kamui Kobayashi, yang menempati posisi keempat. Dengan penalti yang diberikan kepada Hamilton, maka pebalap Jepang ini pun menorehkan sejarah dalam kariernya, karena untuk pertama kalinya start dari posisi ketiga.

Kobayashi mengalahkan pebalap Lotus, Kimi Raikkonen, pebalap McLaren Jenson Button, serta rekan setim Vettel, Mark Webber, yang berturut-turut ada di belakangnya. Tetapi para pebalap ini akan naik satu grid, karena Hamilton melorot ke urutan ketujuh.

GP China tampaknya cukup bersahabat dengan para pebalap Sauber. Pasalnya, rekan setim Kobayashi, Sergio Perez, juga mampu menembus posisi 10 besar karena berada di urutan kedelapan. Dia mengalahkan pebalap Ferrari, Fernando Alonso, serta pebalap Lotus, Romain Grosjean, yang melengkapi komposisi 10 besar.

Dari hasil latihan bebas hingga kualifikasi ini, terlihat Ferrari tidak terlalu kompetitif. McLaren dan Mercedes GP bakal bertarung ketat untuk meraih podium, dan Red Bull harus tetap diwaspadai meskipun bukan favorit utama.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com