Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

VW Kodok Bermesin Subaru

Kompas.com - 12/04/2012, 18:24 WIB

KompasOtomotif - Karena ingin tetap menggunakan mesin boxer, pemilik VW "Kodok ini - sebuah ruang pamer mobil di Jerman - harus memilih jantung pacu Subaru. Itulah konsep modifikasi yang diakukan pada VW Kodok produksi 1970 ini. Di samping itu tetap berusaha mempertahankan sebagian keaslian bodi mobil ini. Jadilah VW ini sebagai Kodok atau Beetle STi.

Mesin asli Kodok, 1.3-liter, karburator, berpendingin udara dan menghasilkan tenaga hanya 44 PS dipensiunkan. Gantinya, mesin Subaru Impreza WRX STi yang dipasang di ruang yang terbilang sempit di belakang. Hal tersebut menjadi tantangan berat dan harus membuat adaptor khusus agar mesin baru bisa dipasang dengan kokoh.

Eksterior
Dengan mesin boxer 2.0-liter turbocharger yang menghasilkan tenaga 282 PS, sang Kodok ini dipastikan akan menjadi jagoan untuk dikebut. Pekerjaan lain yang cukup menantang adalah memindahkan kabel-kabel kelistrik, komputer ke Beetle dengan sedikit penyetelan ulang. Maklum beberapa komponen kelistrikan harus diganti atau disesuaikan dengan kondisi baru.  

Eksterior tetap dipertahankan. Hanya sedikit sentuhan untuk menjaga penampilan tetap klimis. Agar tampil lebih gaya, dipasang pula sunroof dan pelek aluminium, bagian tengah dicat hitam. 

Kabin
Ruang kabin masih dipertahankan. Perubahan hanya untuk menampilkan nuansa elegan dan mewah: membalut jok dan trim dengan kulit asli. Dasbor dirapihkan dengan menambah beberapa panel meter di samping kiri setir. Untuk hiburan, dipasang head unit sederhana single DIN.

Entah mengapa, sang pemilik tidak memasang AC untuk memperoleh kenyamanan, khususnya ketika panas terik di siang hari. Hal lain, kendati siap dijual, namun dengan penawaran yang tidak rasional - khusus bagi mereka yang mengutamakan aspek ekonomis -  akan langsung meninggalkannya. Pasalnya, hanya dijual dengan harga 80.000 dolar AS atau Rp 728 juta.

Uang segitu bisa untuk memboyong 2 unit VW Convertible 2012 (harga 30.000 dolar AS), bermesin 2.0-liter, turbo, 200 PS. Bahkan masih bersisa 20.000 dolar AS, cukup untuk memodifikasi mobil sesuai keinginan.

Bisa jadi sang pemilik tidak ingin menjualnya 'kali!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com