Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chrysler "Recall" Jeep Patriot dan Compass

Kompas.com - 07/04/2012, 10:36 WIB

Washington, KompasOtomotif - Berdasarkan laporan dari Lembaga Keselamatan Jalan Raya (NHTSA) Amerika Serikat, Chrysler Group LLC (CGLLC) mengumumkan kampanye perbaikan massal terhadap Jeep Patriot dan Compass model 2012. Dari catatan NHTSA,1.689 unit kendaraan teridentifikasi mengalami masalah dan harus segera diperbaiki.

Hasil menyebutkan terdapat kebocoran bensin, kalau dibiarkan akan menimbulkan kebakaran. "Beberapa produk mengalami cacat pada katup roll-over di tangki bahan bakar. Kalau dibiarkan, sangat berisiko terjadinya kebakaran," tulis NHTSA pada situs resminya kemarin (6/4).

Kedua model yang di-recall merupakan produksi dari 17 Desember 2011 hingga 2 Januari 2012. Juga dijelaskan, hingga saat ini belum terjadi kecelakaan atau cedera akibat masalah tersebut. Program kampanye ini dimulai Juni mendatang, dengan penggantian tangki bahan bakar. 

Kasus Kebakaran
Bukan kali ini saja Chrysler melakukan perbaikan massal terhadap modelnya dengan risiko kebakaran. Sebelumnya CGLLC sempat me-recall Wrangler karena api muncul dari ruang mesin saat dikebut. Dari delapan konsumen Wrangler, tujuh mengaku api muncul ketika mesin hidup.

Pada satu kejadian, pengendara mengatakan, "Melihat adanya tetesan cairan dan kemudian terbakar di ruang mesin. Saya berupaya memadamkan dengan air tapi tak berhasil. Hanya dalam hitungan menit, seluruh mobil sudah terbakar habis," jelas salah satu pengadu, yang  dilansir Autonews (1/4/2012).

Pada Agustus 2009, NHTSA melakukan penyelidikan yang sama terhadap Wrangler karena adanya laporan tiga unit kendaraan ini terbakar. Untuk itu,  CGLLC melakukan kampanye perbaikan massal pada Februari 2010 dengan menggantikan oli transmisi yang  mengalami panas berlebihan dan berpotensi menimbulkan kebakaran.

Pada April 2011, China menghentikan impor Wrangler karena keluhan sama. Beberapa media China mengutip pernyataan pemerintah, yang mengatakan adanya masalah pada transmisi empat percepatan. Chrysler kemudian menggantinya dengan transmisi 5-percepatan yang digunakan pada Grand Cherokee.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com