Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bernie Ngotot F1 Bahrain Tetap Jalan

Kompas.com - 29/03/2012, 18:44 WIB

Manama, KompasOtomotif - Bos F1 Bernie Ecclestone tetap pada pendiriannya bahwa balap F1 di Bahrain yang dijadwalkan berlangsung 22-23 April mendatang sebagai seri IV harus dilaksanakan. Meski aksi demonstrasi anti-pemerintah masih terus berlangsung.

Untuk meyakinkan para pebalap dan tim, Bernie mengajak pimpinan tim F1 bertemu pejabat dari negeri jazirah Arab tersebut dalam suatu acara makan siang, kemarin (28/3). Hadir dalam pertemuan itu Christian Horner (bos Red Bull), Martin Whitmarsh (McLaren), Nick Fry (CEO Mercedes), Frank Williams, Bernie dan Duta Besar Inggris untuk Bahrain.

Aksi demonstrasi terus berlangsung setiap hari dan sedikitnya sudah 33 orang meninggal sejak Juni lalu. Kendati begitu, Bernie berkeras F1 dilaksanakan sesuai jadwal. "(Orang) mengatakan kepada saya kalau balapan tidak jadi. Saya katakan, bagaimana Anda tahu," ujar Bernie. Orang-orang itu menjawab, lanjut Bernie, Kami melihat, membaca, dan mendengar.

Pria gaek berusia 81 tahun itu coba melupakan soal keuangan yang dituding jadi pemicu gagalnya dilaksanakan balapan tahun lalu. "Itu tak ada sama sekali hubungannya. Orang-orang di sana cukup berani ketika balapan pertama kali digelar di sana (Bahrain). Itu saja. Kami akan berada di sana selama mereka menginginkan kita," urai Bernie yang justru mengkhawatirkan masalah keamanan.

Ketua Bahrain International Circuit Zayed Alzayani mengatakan biasa dalam bisnis bahwa kekerasan dapat merusak acara. "Saya sempat dirampok di New York dua kali dan saya masih pergi ke sana," komentar Alzayani mengambil perumpamaan. Jadi, katanya, tidak ada alasan untuk takut datang ke Bahrain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com