Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Charger Portable" dari Mitsubishi buat i-MiEV

Kompas.com - 19/03/2012, 14:24 WIB

Tokyo, KompasOtomotif — Pertanyaan yang sering muncul dari konsumen soal mobil listrik adalah bagaimana mengisi baterai bila habis di tengah jalan dan jauh dari rumah? Mitsubishi Motor Corp (MMC) menjawab dengan Power Box (PB). Perangkat pendukung pengisian ulang baterai pada i-MiEV dan Minicab MiEV yang resmi dijual pada 27 April mendatang itu memiliki bentuk menyerupai kotak dengan berat 11 kg dan dijual dengan harga 149.800 yen atau sekitar Rp 16,5 juta.

Fungsi dari PB mirip dengan charger portable yang mengisi baterai pada telepon seluler. Di sini PB mempunyai kapasitas energi 1.500 watt yang ketika mengisi ke baterai mobil dengan konversi tegangan AC 100 V. Bila baterai mobil dalam kondisi penuh (16 kWh), plus tambahan 1.500 watt atau setara 1,5 kWh, maka kendaraan bisa melaju selama 5 sampai 6 jam dengan kecepatan konstan.

Mitsubishi juga memberikan anjuran untuk tidak menggunakannya setiap hari karena akan menimbulkan efek negatif pada baterai mobil. Komponen tersebut hanya dianjurkan pada saat darurat ketika pengendara tidak menemukan lokasi pengisian ulang, atau penggunaan listrik rumah sedang penuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com