Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KIA Ceed Tiga Pintu Dijual Tahun Depan

Kompas.com - 15/03/2012, 11:46 WIB

Geneva, KompasOtomotif — Baru saja KIA menghadirkan hatchback Ceed 5-pintu paling anyar dalam pameran Geneva beberapa hari lalu, kini produsen mobil Korea itu kembali memunculkan sketsa versi 3-pintu dengan nama Pro Ceed. Hatchback ini akan tampil—paling cepat—di Paris Motor Show pada akhir September 2012 dan akan dipasarkan pada 2013.

Secara desain, Pro Cee'd sama persis dengan Ceed, hanya dibedakan lewat pintu, sama seperti Rio hatchback. Model lampu depan yang memanjang mendekati pilar A, lengkap dengan aksesori LED di bagian bawah, air dam menyatu dengan rumah lampu kabut, gril khas KIA modern, dan pelek ukuran 18 inci dengan model unik, masih sama dengan versi 5-pintu.

Begitu juga interior, mulai dari pengaturan setir yang bisa disetel naik-turun dan maju-mundur, pengatur jok pengemudi secara elektrik, AC dual-zone climate control, layar informasi, hingga sunroof. Dari sektor hiburan tersedia juga koneksi iPod, Aux, dan USB serta kualitas suara yang keluar dari 6 speaker. Fitur tambahan yang unik juga tersedia, yaitu Parallel Park Assist System (sistem bantuan saat parkir paralel) yang ditunjang oleh keberadaan sensor parkir di depan, samping, dan belakang, serta tersambung dengan komputer untuk membantu setir bergerak otomatis. Jadi, pengemudi hanya tinggal mengatur rem dan gas saja.

Sebagai penyuplai tenaga, KIA juga memberikan pilihan. Ada dua mesin bahan bakar bensin 1,4-liter MPI dan 1,6-liter GDI dengan tenaga masing-masing 100 PS dan 135 PS. Ditambah mesin diesel 1,4 -liter WGT 90 PS dan 1,6-liter VGT yang memiliki pilihan daya 110 PS dan 128 PS. Sebagai pemindah tenaga, digunakan pilihan transmisi manual dan otomatis 6-percepatan.

KIA juga menyiapkan versi kencang dengan mesin 1,6-liter turbo, seperti yang sedang diproduksi untuk Rio dan terpasang pada Hyundai Veloster Turbo. Kehadirannya diharapkan mampu memberikan perlawanan sengit bagi VW Golf GTI di pasar hatchback.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com