Jumat, 29 Agustus 2014

Otomotif


Wah, KIA Carnival Bakal Muncul Lagi

Penulis: Aris F.Harvenda | Selasa, 13 Maret 2012 | 10:21 WIB
Dibaca:   Komentar:
|
Share:
  • Sumber : caradvice | Author : -

    Kia Grand Carnival

  • Sumber : caradvice | Author : -

    Pintu belakang model gullwing

  • Sumber : caradvice | Author : -

    Interior unik sarat dengan teknologi terkini

Geneva, KompasOtomotif - KIA melalui tangan dingin Peter Schreyer - mantan desainer Audi dan VW yang kini bekerja untuk Hyundai dan KIA sejak 2006 - sudah memberikan sentuhan elegan pada produk city car, sedan, hatchback dan SUV. Dan kini, ia memperlihat MPV KV7 sebagai pengganti Carnival.

Pada kesempatan pameran Geneva Motor Show, desainer asal Jerman ini sempat mengutarakan proyek besar lanjutan untuk Carnival, "Saya pikir pergeseran desain untuk Carnival sudah diperlukan karena pasar masih menyukai MPV seperti itu. Dan saya inigin membangun kesan bahwa membeli sebuah MPV bukanlah sebuah keharusan melainkan adanya ketertarikan karena mobil tersebut memang bagus dan keren."

KV7 memiliki desain postur futuristis seperti Soul, namun dimensinya lebih panjang. Ada keunikan dari sentuhan Schreyer,  tampak pada pintu tengah yang dirancang model sayap burung camar (gullwing).

Bicara soal kabin, KV7 menhadirkan perwarnaan meriah dengan putih susu, hitam dan kuning. Dasbor memiliki desain unik yang bisa bergeser 150 mm ke depan yang berfungsi untuk menonjolkan beberapa tombol agar mudah dijangkau. Di tengah terdapat LCD layar sentuh yang menyediakan informasi seputar kendaraan, climate control dan pengaturan Wi-Fi.

Komposisi jok juga unik. Bangku penumpang depan (kanan) bisa diputar menghadap ke belakang. Trus, posisi jok tengah tidak sejajar, terutama yang kanan lebih  mundur agar tidak bersentuhan dengan kaki penumpang depan. Tersedia juga "semacam iPad" berukuran besar yang dapat dilipat pada trim baris kedua.

Sebagai penyuplai tenaga, di balik kap teronggok mesin 2.0-liter, GDI turbocharger dengan semburan tenaga 285 PS. Diklaim mesin tersebut mampu memberikan konsumsi bahan bakar 12,8 kpl.

Menurut Schreyer, konsep KV7  yang hadir pada Detroit Motor Show tahun lalu bakal mengusung nama Grand Carnival. Kendati demikian, konsep tersebut masih butuh sedikit perbaikan agar lebih menarik dan mengakomodir keinginan pasar akan sebuah MPV kompak dan mampu mengangkut 7 penumpang. Ada indikasi Grand Carnival akan diperkenalkan di 2013.
 

Sumber: caradvice

Editor : Bastian