Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota GT 86 Convertible "Lampu Hijau"

Kompas.com - 04/03/2012, 07:13 WIB

Jerman, KompasOtomotif - Tahun ini, Toyota 86 baru akan meramaikan pasar mobil Indonesia, sementara sang prinsipal,  Toyota Motor Co. (TMC) mengonfirmasikan kalau sedan sport itu akan mendapatkan versi convertible.  Kepastian ini disampaikan langsung oleh Tetsuya Tada, Chief Engineer Toyota GT86, jelang akhir pekan.

"Desain awal dari GT 86 telah keluar, jadi kita sudah bisa membangun convertible-nya," jelas Tada. Namun,  lanjutnya, perusahaan masih belum memberikan tanda-tanda kapan mobil tersebut dipasarkan.

Walaupun secara bobot Toyota GT 86 lebih berat dari pesaingnya Mazda MX-5, tetapi selisih tenaga jauh berbeda. Jika MX-5 mencapai tenaga 169 PS, untuk kupe sport Toyota yang menggendong mesin boxer 2.0 liter menyemburkan tenaga hingga 200 PS pada torsi 205 Nm. Tenaga disalurkan ke roda belakang melalui perkawinan transmisi enam percepatan manual dan otomatis.

Dari segi harga, mobil dengan kapasitas dua penumpang ini diprediksi akan dibanderol 35.000 Euro atau sekitar Rp 400 jutaan untuk pasar Jepang dan Eropa. Tetapi untuk pasar Amerika masih menunggu konfirmasi. Toyota seperti mengejar ketertinggalan dalam membangun varian sportcar-nya, jika mengingat sebelumnya Subaru BRZ convertible sudah lebih dahulu tampil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com