Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal Sensasi Peugeot RCZ Rasa Sedan Mewah

Kompas.com - 04/03/2012, 09:07 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - Peugeot Indonesia memberi kesempatan kepada media dan tamu untuk menjajal sedan sport kupe RCZ yang dijadikan grandprize pada acara  peluncuran pelumas Total Quartz Series, beberapa hari lalu di Jakarta Selatan.  KompasOtomotif  tidak melewatkan peluang merasakan sensasi agresif mesin 1.598 cc bertransmisi 6 percepatan otomatis.

Memang sudah menjadi stereotipe kalau kendaraan Eropa itu dikenal dengan kenyamanannya. Tapi, melalui rute yang singkat dengan mengitari jalan Raya Kemang, KompasOtomotif bisa sedikit menikmati kegesitan dan akselerasi sport coupe itu.

Sebelum jalan, ketika masuk ke dalam kabin bergaya sport elegan, RCZ ini tersedia dengan 2+2 seat configuration atau 4 penumpang dengan prioritas utama pada bagian depan. Dimensinya lebihg luas dengan fitur-fitur yang sudah banyak diaplikasikan pada mobil-mobil mewah atau sport, seperti pengatur tempat duduk elektronik di depan, cruise control dengan speed limiter, bluetooth telephone dan audio connector.

Wow, saat mesin dihidupkan hanya suara stater diawal saja yang terdengar. Setelah itu, keadaan kembali senyap di dalam kabin. Ini seperti pada sedan mewah dengan desain kedap kabin yang baik. Lalu, kita tidak bisa begitu saja memindahkan posisi shift knop, harus dengan menginjak rem dulu baru bisa menggesernya dari mode P ke D, baru kupe melaju dengan mulus.

Sensasi awal ketika mengendarai RCZ terasa seperti berada di dalam  sedan mewah. Ketika melewati jalan bergelombang telah diredam oleh sistem suspensi yang baik, sehingga terasa lembut. Kala pedal gas ditekan, mesin bertenaga 158.17 PS sangat responsif.  Tenaga yang galak ini siap dijinakkan  dengan seperangkat sistem rem mulai dari Anti-lock Brake System (ABS), Electronic Brake Force Distribution (EBD) dan Emergency Brake Assist (EBA). 

Namun sayang, karena test drive berjalan singkat dan terbatas, hanya itu yang bisa KompasOtomotif sampaikan dari Peugeot RCZ coupe sport yang dibanderol Rp 700 jutaan untuk on the road ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com