Kamis, 24 April 2014

Otomotif


Nih, Cadillac yang Dipakai Para Presiden AS

Penulis: Aris F. Harvenda | Selasa, 21 Februari 2012 | 18:59 WIB
Dibaca:   Komentar:
|
Share:
  • Sumber : gm news | Author : -

    Cadillac One digunakan Barrack Obama

  • Sumber : gm news | Author : -

    Searah jarum jam, Cadillac Seri 53, Eldorado, Convertible

  • Sumber : gm news | Author : -

    Searah jarum jam, Cadillac Convertible, Town Sedan, Limousine, Fleetwood

Detroit, KompasOtomotif - Cadillac, merek premium dari General Motors (GM) tak bisa dipisahkan dengan para Presiden Amerika Serikat. Karena, untuk mobilitas kenegaraan, baik di dalam maupun luar negeri, kendaraan milik produsen negeri sendiri itu sudah dipercaya hampir 100 tahun. Nah, bertepatan pada hari libur nasional untuk memperingati kelahiran Presiden George Washington pada 22 Februari (President's Day) yang diperingati setiap minggu ketiga Februari (20/2), GM coba mengilas-balik mobil-mobil yang pernah "menemani" para pimpinan AS.

Inilah varian Cadillac tersebut.

1. Seri 53 1916. Bermesin V8 dipakai Woodrow Wilson saat parade melintasi jalanan di Boston pada perayaan kemenangan Perang Dunia I, 1919. Mobil ini juga punya peran penting di PD I karena memiliki tenaga dan ketahanan yang bisa diandalkan.

2. Seri 341 1928. Menemani Calvin Coolidge saat menjabat Presiden AS ketigapuluh. Mobil bermesin V8 ini mempunyai tenaga maksimum 90 PS dengan transmisi manual 3 percepatan.

3. Town Sedan 1928. Bodi sudah berlapis baja  dengan atap kanvas ketika menjalani misi kepresidenan era Franklin D. Roosevelt. Di Italia, Cadillac Town Sedan ini sempat dipakai gangster Al Capone.

4. Queen Mary dan Queen Elizabeth, Cadillac menamakan mobil kembar model konvertibel untuk tiga masa kepresidenan mulai dari Franklin D. Roosevelt, Harry S Truman dan Dwight D. Eisenhower. Nama tersebut diambil dari kapal pesiar legendaris Inggris karena tahan lama dan dapat diandalkan dengan panjang panjang 6.553 mm dan berat 3.475 kg. Didalamnya terdapat persenjataan ringan, radio 2-arah dan generator kapasitas besar.

5. Eldorado. Eisenhower selaku presiden AS ke-34 ternyata menggunakan produk ini pada parade perdananya di 1953. Eldorado menjadi pelopor mobil yang menggunakan bingkai kaca depan.

6. Queen Mary II, Queen Elizabeth II, keluaran 1956 sebagai pengganti dari produk Convertible sebelumnya. John F. Kennedy dan Lyndon B. Johnson memakainya sebagai mobil kepresidenan. Produk dengan atap transparan pada baris belakang tersebut tidak dilanjutkan lagi produksinya setelah 1968.

7. Fleetwood Limousine dan Brougham 1983, menemani Ronald Reagan selama masa jabatannya. Varian Limousine sempat diajukan untuk digunakan pada film In The Line of Fire, 1993, namun atas pertimbangan keamanan, akhirnya yang muncul adalah versi replikanya.

8. Limousine, 1993, Bill Clinton menandai era baru produk limo kepresidenan pertama yang didesain, dikembangkan dan dibangun sendiri oleh Cadillac. Sebelumnya, mobil limo kepresidenan dimodifikasi oleh perusahaan limusin.

9. Cadillac One. Bertugas mengantarkan Barrack Obama di parade perdana usai pelantikan Presiden AS ke-44 pada Januari 2009. Spesifikasi khusus yang dimiliki hanya diketahui oleh tim perancang yang hanya beranggotakan segelintir orang saja.

Sumber: gm news

Editor : Bastian