Selasa, 2 September 2014

Otomotif


Mencegah Cat Mobil Pudar

Penulis: Aris F. Harvenda | Selasa, 14 Februari 2012 | 17:19 WIB
Dibaca:   Komentar:
|
Share:
  • Sumber : autorepair | Author : -

    Memoles merupakan salah satu solusi menjaga pudarnya cat

  • Sumber : capecoral | Author : -

    Mencuci mobil tidak berdampak pudarnya cat

  • Sumber : Istimewa | Author : -

    Jangan biarkan mobil terjemur, gunakan sarung penutup

Jakarta, KompasOtomotif — Mobil kinclong terasa nyaman ketika dikemudikan. Selain itu, tidak sedikit mata yang memandang. Membuat bodi mobil mengilap atau tidak pudar, Aldy, punggawa bengkel cat SAS Bodywork di Ciputat, Tangerang Selatan, memberi referensi tips seperti di bawah ini.

Poles
Salah satu cara paling mudah memoles menggunakan wax. "Memoles mobil menggunakan bahan wax bisa membuat mobil tetap kinclong karena berfungsi memberi lapisan di atas pernis," ungkap Aldy. Namun sebelumnya, mobil dicuci terlebih dahulu dan dikeringkan. Pastikan tidak ada sisa air yang tersimpan di selipan atau lekukan bodi. Ketika memoles, upayakan hal itu dilakukan di tempat teduh menghindari dari kondisi obat cepat mengering.

Namun yang perlu diperhatikan, ada bahan poles yang khusus untuk mengilapkan, dan ada yang menghilangkan jamur atau kerak. Bila keseringan memakai jenis terakhir, bisa bikin cat pudar. Lebih berbahaya lagi jika meramunya tidak pas. "Jika tidak tepat dalam meramu obat dan cara memolesnya akan meninggalkan warna kusam atau timbul bercak," urainya. Periode masa memoles disesuaikan dengan anjuran yang tercantum pada obat poles tersebut. "Biasanya pengaruh obat bisa bertahan selama 3 hari," papar Aldy.

Aldy juga tidak menganjurkan memoles menggunakan kompon terlalu sering karena bisa mengikis lapisan pernis dan membuat cat terlihat pudar. Kompon boleh dipergunakan paling tidak setahun sekali untuk mengangkat jamur yang menempel. Itu pun harus dilakukan dengan cara yang benar. Pria berbadan subur itu pun menyarankan untuk menyerahkannya kepada tenaga profesional. "Setelah itu baru dirawat menggunakan obat poles biasa yang mengandung wax," papar Aldy.

Dijemur
Membiarkan mobil keseringan terjemur di parkiran tanpa atap bisa berakibat memudarnya cat. Terlebih lagi jika sering kena panas-hujan dalam jangka waktu lebih dari setahun tanpa dipoles. Proses perubahan iklim yang terlalu ekstrem tersebut juga bisa mengakibatkan terkikisnya lapisan pernis. Ada baiknya lalukan pemolesan agar kondisi lapisan cat paling atas tersebut tetap terawat.

Bagi yang tidak memiliki garasi beratap, solusinya bodi diselimuti dengan sarung, tapi jangan lebih dari seminggu tanpa pengecekan. Panas matahari bisa mengakibatkan menempelnya sarung pada cat mobil. "Ada baiknya memeriksa sarung tersebut, paling tidak buka-tutup agar sarung tidak menempel permanen di cat, apalagi kalau sudah didiamkan lebih dari seminggu," tutup Aldy.


Editor : Bastian