Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengobatan Alternatif "Kaki - kaki" Mobil

Kompas.com - 10/02/2012, 13:46 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - Jangan pernah meremehkan bagian kaki - kaki mobil seperti ball joint, tierod, stabilizer dan booshing. Meski komponen tersebut bukan tergolong fast moving, tapi punya usia pakai yang bila diabaikan bisa berakibat fatal. Seperti disampaikan oleh Lili, pemilik bengkel rekondisi kaki-kaki M Lili di Jakarta Selatan, bagian kaki-kaki harus diganti setiap 100.000 km atau 5 tahun. "Itu untuk kondisi jalan yang mulus dan penggunaan yang wajar. Jika jalannya rusak dan tabiat pengemudi agak kasar akan mengurangi masa kerja hingga setengahnya," ujar Lili.

Ada tanda-tanda dari komponen kaki-kaki sudah dalam kondisi kurang bagus. Seperti ball joint dan tierod biasanya akan mengeluarkan suara berisik, pengendalian cenderung 'liar' karena setir kerap ketarik kanan-kiri dan ban termakan sebelah. Jika kondisi itu terus didiamkan maka kerusakan akan semakin parah dan bisa mengakibatkan ban copot.

Untuk mengganti komponen kaki-kaki disarankan menggunakan produk asli. Selain terjamin keasliannya, ada garansi (bengkel resmi) dan daya tahan, meski harus dibayar dengan harga relatif mahal. Kalau tidak, untuk booshing direkomendasi terbuat dari bahan polyurethane (PU) yang bisa menekan biaya hingga 50 persen.

"Pada dasarnya, bagian dalam  semua kaki - kaki terbuat dari bahan plastik atau karet  bisa direkondisi dengan harga terjangkau dan garansi setahun," urai Lili. Ball joint, tierod, stabilizer dan booshing-booshing bawaan kendaraan dicopot dan diganti bagian yang rusak menggunakan bahan polyurethane dengan cara memodifikasi. Rata - rata pengerjaan yang dilakukan menghabiskan waktu 3 jam.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com