Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GM Teratas Penjualan Global, Toyota Keempat

Kompas.com - 20/01/2012, 11:44 WIB

Detroit, KompasOtomotif - General Motors Co (GM) beserta grupnya berhasil merebut kembali posisi teratas penjualan global dengan rekor tertinggi 9.030.000 unit. Jumlah tersebut naik 7,6 persen dari tahun lalu dan lebih tinggi 1 juta unit lebih baik dari Toyota Motor Corp ketika mengambil alih pimpinan dari GM pada 2008.

Salah satu raksasa produsen mobil Amerika itu telah memegang mahkota penjualan global selama tujuh dekade sebelum diambil Toyota akibat pasar GM merosot sementara menuju kehancuran finansial. Pada 2009, GM mengajukan permohonan berupa bantuan dana talangan dari pemerintah AS.

Kini, kondisi sudah berbalik dan GM menjual dengan baik dengan berbagai model bersama grupnya, plus jenis pikap di seluruh dunia. Bahkan perusahaan melaporkan laba bersih untuk tiga kuartal pertama tahun lalu mencazpai Rp 63 triliun lebih atau 7,1 miliar dollar AS dan diharapkan masih bisa bergerak naik setelah ditambah hasil kuartal keempat.

Di belakang GM membayang produsen dari Jerman Volkswagen AG dengan rekor penjualan global 8.160.000 unit. Angka tersebut melonjak 14 persen dari 2010, diikuti aliansi Jepang-Perancis Nissan-Renault dengan 8.030.000 unitr.

Raksasa mobil Jepang Toyota harus puas bertengger di urutan keempat dengan total penjualan 7,9 juta unit. Merosotnya penjualan diganggu oleh bencana alam (Maret), sehingga para pabrikan tidak punya stok. Tahun ini, Toyota memprediksi akan menjual 8.480.000 unit.

Beberapa analis mengatakan bahwa VW merupakan produsen mobil terbesar di dunia dan GM bisa melejit karena pasarnya yang bagus di China, di mana mereka bekerja sama dengan perusahaan lokal Wuling.

CEO GM Dan Akerson menyikapi soal posisi GM bahwa perusahaan tidak terlalu peduli dengan posisi itu. Yang lebih penting, GM fokus pada penghasilan uang sehingga dapat berinvestasi di produk-produk dan menghasilkan keuntungan bagi pemegang saham.

Penjualan GM naik di empat wilayah, yakni Amerika Utara dan Selatan, Eropa dan operasi internasional (termasuk Asia). Dari berbagai merek, Chevrolet tertinggi dengan 4,76 juta unit di seluruh dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com