Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tips

Berkendara Aman Kala Musim Hujan

Kompas.com - 06/01/2012, 18:27 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - Curah hujan mulai sering, belakangan ini. Jangan sampai cuaca buruk tersebut sampai mengganggu rutinitas Anda. Nah, bagi pengguna mobil berikut beberapa tips kala berkendara di saat hujan yang disampaikan oleh Garda Oto.

Kecepatan
Pelihara kecepatan dengan stabil, sesuai kondisi sekitar dan jarak pandang aman. Perhatikan jalan yang hendak kita lalui, kalau-kalau ada genangan air atau yang lainnya.

Putaran mesin (RPM)
Saat hujan dan jalan menanjak, jangan terlalu dalam menekan pedal gas, gunakan selalu putaran mesin rendah untuk memelihara traksi roda tetap optimal. Untuk mesin bensin, jaga putaran di 2500 rpm dan 1.800 rpm untuk diesel. Hal ini dilakukan supaya mobil tak slidding.

Lampu
Waktu debit hujan deras, jangan segan menyalakan lampu utama (day time) atau lampu kecil untuk meningkatkan kewaspadaan kendaraan di sekitar kita. Jangan menggunakan lampu hazards! Lampu ini hanya akan mengganggu pengemudi lain, apalagi kalau mau berbelok.  Arah mobil tak bisa ditebak karena sein tak berfungsi. Lampu ini hanya digunakan dalam kondisi darurat!

Rem
Perhatikan jarak rem. Saat hujan, mobil membutuhkan jarak lebih panjang untuk diperlambat lajunya. Kalau biasanya butuh jarak dua detik dengan kendaraan di depan, coba kalikan dua jadi empat detik guna memperpanjang jarak rem.

Genangan
Jangan ngebut pada genangan air (tipis sekalipun) agar menghindari efek "hidroplaning" di mana tak ada traksi antara aspal dengan ban karena lapisan air. Kalau ini terjadi, mobil bisa kehilangan kendali dan nyawa taruhannya!

Hindari juga genangan air yang tingginya satu jengkal dari knalpot mobil. Jika tetap nekad, air bakal membuat mogok dan merusak mesin.

Pelanggan
Khusus untuk pelanggan Garda Oto dan butuh bantuan layanan darurat Garda Oto, bisa langsung hubungi Garda Siaga via telepon 75900. Layanan ini berlaku 24 jam. Garda Oto juga menawarkan perlindungan menyeluruh dengan jaminan banjir, gempa bumi, angin puting beliung dan bencana alam lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com