Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengukur Akselerasi All-New Avanza Veloz (Bagian 1)

Kompas.com - 04/01/2012, 13:08 WIB

KOMPAS.com - Kendati Toyota telah memberikan kesempatan kepada KompasOtomotif untuk mencoba All-New Avanza di Sumatera Barat menjelang akhir November lalu, termasuk Veloz, di akhir tahun diberi kesempatan lagi mencoba model yang sama. 

Kali ini, beberapa kemampaun diuji lebih seksama, yaitu kecepatan top, akselerasi (terukur), stabilitas dan kemampuan bermanuver dengan pengemudi yang lebih cekatan tentunya.

Dari penampilan, kalau cuma sekilas biasa saja orang awam agak susah membedanya dengan Avanza generasi pertama. Orang baru tertarik memperhatikan bila sudah dekat.

Veloz yang dipinjamkan PT Toyota Astra Motor (TAM) adalah versi transmisi otomatik 4-percepatan berada, merupakan varian tertinggi dari  Avanza Gen-2. Mesin 1.500 cc-nya  terasa lebih bertenaga dibanding tipe G bermesin1.300 cc. Veloz yang dites ulang ini, jarak tempuhnya  sudah mencapai 3.000 km.

Interior
Khusus untuk interior, KompasOtomotif membandingkan langsung perbedaan dengan Avanza generasi pertama yang digunakan setiap.Bahkan, untuk jok baris kedua, minta anggota keluarga merasakan dan membedakannya! 

Hasilnya, All-New Avanza, ruang penumpang pada jok deret kedua ini lebih lega, baik untuk tumbuh penumpang maupun ruang kaki. Penumpang merasakan lebih nyaman karena sandaran bisa disetel kemiringan sesuai dengan keinginan penumpang.

Bagi pengemudi, hal baru pada Avanza ini, posisi dasbor kini lebih rendah. Alhasil, pandangan pengemudi ke depan lebih luas dan mudah melihat ujung kap mesin. Termasuk bagi mereka dengan postur 160 cm.  

Suara mesin yang sampai di kabin, saat semua kaca (jendela ditutup) diredam dengan baik. Alhasil, suara yang dihasilkan audio cukup baik.  Angka-angka yang ditunjukkan oleh panel instrumen mudah dipantau.

Akurasi Speedometer
Pengujian pertama adalah akurasi speedometer! Untuk ini digunakan aplikasi khusus speedometer Android yang bekerja berdasarkan sinyal GPS dengan akurasi cukup tinggi. Akurasi speedometer GPS juga dikalibrasi dengan Avanza 1,3 liter generasi pertama dan juga pesawat terbang. Hasilnya, pada berbagai kecepatan, angka yang ditunjukkan sama. Bahkan pada pesawat terbang dibuktikan sampai 738 km/jam!

Ternyata angka yang ditunjukkan speedometer mobil dengan aplikasi dari  Android Speedometer   berbeda. Khusus di atas kecepatan 60 – 80 km per ham (kpj) terjadi perbedaan sekitar 5 kpj. Artinya, kalau mobil menunjukan kecepatan 70 kpj, speedometer GPS Android 65 kpj.

KompasOtomotif menguji akurasi speedometerVeloz dengan penumpang berbeda-beda, mulai dari pengemudi saja, plus 1, 2, dan 3 penumpang. Sedangkan kecepatan tertinggi, berdasarkan speedomter di mobil 170 kpj (ril diperkirakan 164 kpj).

Kemampuan akselerasi All-New Avanza Veloz

Akslerasi

Waktu (detik)

Jarak (meter)

Keterangan

0 – 400 meter

18,018 

-

Pengemudi +
1 penumpang

0 – 100 kpj

13,015 

250 meter

40 - 60 kpj

3,002

50 meter 

Pengemudi +
3 penumpang,
2 anak-anak

60 - 80 kpj

3,002

60 meter

80 - 100 kpj

4,988 

130 meter

* Catatan: Semua dilakukan pada posisi gigi “D” dengan tangki bbm berisi separo
 (Bersambung)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com