Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
MotoGP

Yamaha Tanpa Petronas 2012

Kompas.com - 31/12/2011, 08:50 WIB

KOMPAS.com - Pada motor balap Jorge Lorenzo dan Ben Speis tidak ada lagi tulisan Petronas pada musim balapan 2012. Pasalnya, kontrak kerja sama skuad Yamaha dan perusahaan minyak dan gas dari Malaysia yang dimulai sejak 2009 berakhir 2011. Tahun sebelumnya (2010), Fiat lebih dulu cabut, sehingga Petronas menjadi sponsor utama.

Sukses besar Yamaha diraih bersama Valentino Rossi dan Petronas sendiri ikut merasakan eforia pada 2009 saat The Doctor merebut mahkota juara dunia untuk ketujuh kalinya. Tahun berikutnya, Yamaha ditinggal Rossi, prestasi dipertahankan oleh Lorenzo dengan merebut juara dunia 2010.

Pada musim balapan tahun ini, Lorenzo harus rela melepas gelar ke tangan pebalap tim Repsol Honda Casey Stoner. Bukan in gagal, tapi tak dapat bertarung di sisa tiga seri terakhir, yakni Australia, Malaysia dan Spanyol akibat kecelakaan dialaminya di negeri Kanguru. Padahal,hingga seri ke-15 di Jepang, Lorenzo satu-satunya yang masih punya peluang merebut mahkota juara dunia.

Meski, secara matematika, jumlah point yang dikumpulkannya 224 angka terpaut 56 angka sama pemimpin klasemen Stoner 280 angka. Kalaupun Lorenzo memborong kemenangan di tiga seri, itu pun dengan catatan Stoner harus finish urutan kelima di tiga serinya.

Menurut Managing Director Yamaha Motor Racing's Lin Jarvis tidak berlanjutnya kemitraan dengan Petronas merupakan kesimpulan alami. "Hubungan Yamaha Petronas telah meraih sukses besar dan kami sudah menikmatinya dan saya mengucapkan terima kasih kepada teman-teman di Petronas," sebut Jarvis.

Sementara Manajer Umum Petronas Mohammad Medan Abdullah mengaku sama seperti Jarvis bahwa pihaknya merasa senang punya kesempatan bisa bekerja sama dengan tim Yamaha Racing Factory selama tiga tahun. "Kami berharap tim terus sukses di masa depan."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com