Kamis, 28 Juli 2016

Otomotif

Nih, Detail Ertiga "Jagoan" Suzuki

Berita Terkait

 DELHI, KOMPAS.com — Suzuki tinggal selangkah lagi meluncurkan Ertiga di ajang Delhi Auto Expo, bulan depan (Januari 2012). Sebelum hari peluncuran, yuk kita lihat apa saja yang dibekali Suzuki pada low multipurpose vehicle, calon penantang Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia di Indonesia.

Sosok Ertiga sebenarnya sudah muncul sejak Juni 2011 dan berhasil ditangkap kamera sedang melakukan tes di India. Bahkan pilihan nama Ertiga sudah bocor sejak September dan siap menjadi produk global Suzuki selanjutnya, di India juga Indonesia.

Platform

Ertiga diproduksi menggunakan platform Ritz dan menjadi produk low multipurpose vehicle (MPV) pertama Suzuki di India. Desainnya mirip Ritz, tetapi bentuk lampu utama (headlight) mirip Swift. Bemper  cukup sporty dengan airdam besar. Bagian belakang dikasih spoiler di atas kaca, plus lampu rem, sehingga jadi lebih bergaya.

Dari segi dimensi, MPV 7-penumpang ini lebih panjang (4.265 milimeter) dari Avanza Veloz (4.120 mm). Termasuk juga jarak sumbu roda, Ertiga yang 2.740 mm lebih panjang 85 mm  (2.655 mm).

Interior Ertiga terasa mewah karena menggunakan kombinasi dua warna beige dan abu-abu. Desain dasbor mencomot dari Swift. Tak ketinggalan ada CD player 2DIN dan tombol pengatur audio di lingkar kemudi (sepertinya untuk varian termewah).

Di India, Suzuki hanya melepas Ertiga dalam dua varian, yakni ZXi dan ZDi. Namun, di Indonesia, Suzuki sepertinya akan menawarkan beberapa paket fitur dan aksesori tambahan.

Mesin

Suzuki membekali Ertiga dengan dua pilihan mesin bensin. Pertama, berkapasitas 1.372 cc dengan sistem variable-valve timing (VVT) mempunyai tenaga maksimum 96 ps dan torsi 13 kgm. Kedua, mesin diesel 1.3 liter Variable Geometry Turbo (VGT) dengan tenaga 90 PS dan torsi 20,39 kgm.

Untuk Indonesia, dipastikan varian bensin akan menjadi andalan utama. Untuk diesel, Suzuki perlu berpikir lagi karena kualitas solar di Indonesia masih belum terjamin. Soal harga, memang belum ada kepastian. Akan tetapi, bocoran dari Suzuki Indonesia memastikan harganya akan bersaing head-to-head dengan Avanza-Xenia. Kira-kira Rp140 juta-Rp 170 juta per unit.

Fakta Suzuki Ertiga
Mesin

1.3-litre diesel, 1.4-litre bensin

Power/Torsi
90 PS / 20,39 kgm
96 PS / 13 kgm
Panjang
4265mm
Tinggi
1685mm
Sumbu Roda
2740mm
Kapasitas
Tujuh

 

Editor : Bastian